PENINGKATAN HASIL BELAJAR SAINS SISWA MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DI KELAS IV SDN 2 BATU KUMBUNG LOMBOK BARAT TAHUN PELAJARAN 2010/2011

WIJIANI, PUTU YATIARTA PURNIA (2011) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SAINS SISWA MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DI KELAS IV SDN 2 BATU KUMBUNG LOMBOK BARAT TAHUN PELAJARAN 2010/2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
2.SKRIPSI.doc
Restricted to Repository staff only

Download (385kB)

Abstract

Berdasarkan hasil analisis dan refleksi terhadap data yang diperoleh baik pada siklus pertama maupun siklus kedua, dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar sains siswa di kelas IV SDN 2 Batu Kumbung Lombok Barat tahun pelajaran 2010/2011. Hal ini dapat dilihat dari terjadinya peningkatan nilai rata-rata hasil belajar dari siklus I yaitu 69,58 ke siklus II yaitu 83,1, artinya terjadi peningkatan hasil belajar sebesar 13,52. Selanjutnya aktivitas siswa pada siklus I mencapai 64,28% dikategorikan cukup aktif, pada siklus II mencapai 84,52% dikategorikan sangat aktif, terjadi peningkatan aktivitas siswa sebesar 20,24%, dan motivasi siswa pada siklus I yaitu 66,67% dikategorikan cukup baik, mengalami peningkatan sebesar 17,7% pada siklus II yaitu 84,37% dikategorikan sangat baik. Kemudian ketuntasan klasikal pada siklus I mencapai 54,83% dan siklus II mencapai 96,77%, artinya terjadi peningkatan ketuntasan klasikal sebesar 41,94% Jadi, berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): peningkatan ketuntasan klasikal sebesa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 03 Sep 2018 04:36
Last Modified: 03 Sep 2018 04:36
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7654

Actions (login required)

View Item View Item