PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VB DI SDN 30 CAKRANEGARA TAHUN PELAJARAN 2010/2011

HERNATIH, HERNATIH (2011) PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VB DI SDN 30 CAKRANEGARA TAHUN PELAJARAN 2010/2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
RENCANA JUDUL.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (32MB)

Abstract

Rendahnya proses dan hasil belajar siswa kelas VB SDN 30 Cakranegara pada mata pelajaran IPS menjadi landasan untuk melakukan kegiatan penelitian tindakan kelas ini. Dari data hasil ulangan yang diperoleh siswa mendapat nilai rata-rata nilai mata pelajaran IPS yang paling rendah bila dibandingkan dengan nilai mata pelajaran lain seperti Pkn dan Bahasa Indonesia. Salah satu penyebab terjadinya adalah media pembelajaran yang dipilih oleh guru kurang efektif . Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar IPS pada siswa kelas VB SDN 30 Cakranegara tahun ajaran 2010 – 2011 dengan mengunakan media gambar. Jenis penelitian dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dengan proses tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak 2 (dua) siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 (empat) tahapan yang berkesinambungan yaitu: (1) Perencanaan, (2) Tindakan, (3) Pengamatan/observasi, (4) Refleksi. Data aktivitas guru dan siswa dikumpulkan dengan teknik observasi, dan prestasi belajar siswa dikumpulkan melalui tes evaluasi pada setiap akhir siklus. Selanjutnya data dianalisis secara kualitatif dengan membandingkan tingkat keberhasilan antar siklus.Jika hasil test menunjukan ≥ 75 % siswa kelas VB SDN 30 Cakranegara mendapat nilai ≥ 65 maka telah mencapai hasil belajar. Aktifitas siswa tergolong tinggi apabila dalam proses pembelajaran aktifitas siswa mencapai ≥ 75%. Aktivitas guru dalam proses pembelajaran minimal tergolong baik (65%-79%). Penerapan media gambar mampu meningkatkan proses dan hasil belajar siswa kelas VB SDN 30Cakranegara Tahun Ajaran 2010 – 2011 pada mata pelajaran IPS. Hal ini ditandai oleh terjadinya peningkatan jumlah siswa yang mendapat nilai ≥ 65 yaitu 19 orang siswa telah tuntas belajar (pada siklus I) menjadi 28 orang telah tuntas belajar (pada siklus II). Peningkatan juga terjadi pada nilai rata – rata test evaluasi yang diberikan setelah proses pembelajaran usai, yaitu : 71,87 ( pada siklus I ) menjadi (pada siklus II). Sedangkan persentase ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu 59,37% (pada siklus I) telah meningkat menjadi 87,50% (pada siklus II). Media gambar telah dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa kelas VB SDN 30 Cakranegara tahun ajaran 2010-2011 pada mata pelajaran IPS.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Media gambar, mata pelajaran IPS, keaktifan dan hasil belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 03 Sep 2018 04:36
Last Modified: 03 Sep 2018 04:36
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7657

Actions (login required)

View Item View Item