PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA DALAM PEMBELAJARAN DRAMA MELALUI PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN PADA SISWA KELAS V SDN I TAMANSARI KECAMATAN GUNUNGSARI KABUPATEN LOMBOK BARAT TAHUN AJARAN 2011-2012

Rahmawati, Sri Fithri (2011) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA DALAM PEMBELAJARAN DRAMA MELALUI PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN PADA SISWA KELAS V SDN I TAMANSARI KECAMATAN GUNUNGSARI KABUPATEN LOMBOK BARAT TAHUN AJARAN 2011-2012. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB I.doc
Restricted to Repository staff only

Download (46kB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan terhadap siswa-siswi kelas V SDN 1 Tamansari, menunjukkan bahwa masih banyak siswa yang belum baik dalam membaca Drama. Hal ini disebabkan oleh masih sulitnya siswa dalam menuangkan ide atau gagasan serta kurangnya pemahaman siswa bagaimana cara membaca Drama yang baik. Selain itu, penggunaan metode pembelajaran yang kurang tepat juga menjadi faktor ketidakmampuan siswa dalam membaca Drama. Peningkatan kemampuan Berbicara perlu dilakukan dengan teknik yang tepat. Dalam hal ini guru sebagai fasilitator berperan penting memilih teknik pembelajaran yang sesuai dengan pembelajaran aspek Berbicara. Metode Bermain Peran diharapkan tepat dalam peningkatan kemampuan Berbicara. Melalui Metode Bermain Peran siswa dapat mengembangkan kemampuan Berbicara serta menambah motivasi siswa dalam pelajaran bahasa Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan Berbicara siswa dalam membaca Drama pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas V SD Negeri 1 Tamansari dengan menggunakan metode bermain peran. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi,wawancara, dokumentasi dan pengambilan nilai melalui tes. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, dapat disimpulkan bahwa kemampuan Berbicara siswa kelas V SDN 1 Tamansari dapat ditingkatkan dengan menggunakan Metode Bermain Peran. Untuk itu diharapkan kepada guru khususnya di SDN 1 Tamansari, agar dapat menerapkan Metode Bermain Peran dalam pembelajaran bahasa Indonesia terutama pokok bahasan Drama.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kemampuan Berbicara, Metode Bermain Peran(Roll Playing).
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 03 Sep 2018 04:36
Last Modified: 03 Sep 2018 04:36
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7661

Actions (login required)

View Item View Item