PENINGKATAN KEMAMPUAN BERCERITA DENGAN GAMBAR BERSERI PADA SISWA KELAS V SPDT 09 LOMBOK BARAT TAHUN PELAJARAN 2010 / 2011

NARAWATI, NI LUH PUTU (2011) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERCERITA DENGAN GAMBAR BERSERI PADA SISWA KELAS V SPDT 09 LOMBOK BARAT TAHUN PELAJARAN 2010 / 2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
PENINGKATKAN KEMAMPUAN BERCERITA DENGAN GAMBAR BERSERI SISW.docx
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)

Abstract

Permasalahan penelitian tindakan kelas ini adalah bagaimana meningkatkan kemampuan bercerita siswa kelas V SPDT 09 Lombok Barat dengan gambar berseri? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan menceritakan kembali cerita yang didengar atau dibaca siswa dengan menggunakan media gambar berseri pada siswa kelas V SPDT 09 Lombok Barat tahun pelajaran 2010/2011.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan model spiral atau siklus. Sebagai penelitian yang menekankan pada penyelesaian masalah kelas (problem Solving) ,maka pada implementasinya apabila masalah belum dapat diatasi maka akan dilanjutkan pada siklus berikutnya sampai benar-benar dapat diselesaikan berdasarkan indikator kinerja yang ditetapkan. Subyek utama penelitian ini adalah siswa SPDT 09 Lombok Barat dengan jumlah siswa sebanyak 23 orang, yang terdiri dari siswa laki-laki sebanyak 10 orang dan perempuan sebanyak 13 orang. Data dikumpulkan dengan lembar observasi, tes, dan dokumentasi. Data disajikan secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif dalam bentuk tabel. Peneliti melakukan penyimpulan data atas sajian data hasil analisis, hasilnya merupakan dampak yang diperolah dari keseluruhan siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I ketika pertama kali gambar berseri diperkenalkan sudah terlihat keterlibatan siswa dalam pembelajaran sebagian siswa sudah berperan aktif, kemampuan siswa untuk bercerita menjadi lebih baik, sehingga terjadi pencapaian KKM 65%, sedangkan pada siklus II siswa sudah mulai antusias dalam pembelajaran, beberapa orang siswa sudah mulai berkomentar, hal ini menunjukkan bahwa gambar berseri dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa menyebabkan prestasi belajar siswa meningkat pula sehingga pencapaian KKM menjadi 100% terjadi peningkatan 35%. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media “Gambar Berseri”dapat meningkatkan kemampuan bercerita siswa kelas V SPDT 09 Lombok Barat tahun pelajaran 2010/2011.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Meningkatkan , kemampuan , bercerita, gambar berseri
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 03 Sep 2018 04:36
Last Modified: 03 Sep 2018 04:36
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7663

Actions (login required)

View Item View Item