PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA CEPAT DAN EFEKTIF MENGGUNAKAN MEDIA TEKS DI PAPAN BULETIN PADA SISWA KELAS IV SDN 23 CAKRANEGARA TAHUN PELAJARAN 2010/2011

HASANAH, AULIA’UL (2011) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA CEPAT DAN EFEKTIF MENGGUNAKAN MEDIA TEKS DI PAPAN BULETIN PADA SISWA KELAS IV SDN 23 CAKRANEGARA TAHUN PELAJARAN 2010/2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Finish.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kemampuan membaca cepat dan efektif siswa kelas IV SDN 23 Cakranegara belum mencapai standar kecepatan membaca untuk tingkat Sekolah Dasar yaitu sebesar 100 Kata per menit (Kpm) dan kemampuan membaca efektif siswa belum mencapai (Kriteria Ketuntasan Minimal) KKM pada mata pelajaran Bahasa Indonesia yaitu sebesar 70. Dalam rangka meningkatkan kemampuan membaca cepat dan efektif, dilakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) khususnya pada membaca cepat dan efektif melalui penggunaan media teks di papan buletin. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui peningkatan kemampuan membaca cepat dan efektif dengan menggunakan media teks di papan buletin. PTK ini dilakukan secara kolaborasi antara peneliti dan guru. Teknik analisis data yang digunakan adalah menggunakan rata-rata kelas dan persentase ketuntasan belajar (klasikal). Untuk mengukur hasil belajar siswa, dilakukan tes dalam dua tahap yaitu tes pertama berupa tes membaca efektif dan tes kedua berupa tes membaca cepat dan membaca efektif (pemahaman). Tes tersebut dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil belajar siswa meningkat di setiap siklus, ditunjukkan oleh nilai rata-rata membaca cepat pada data awal (observasi) sebesar 80,24 Kpm meningkat pada siklus I sebesar 18,08 Kpm, dan nilai rata-rata membaca efektif pada data awal sebesar 61,62 meningkat sebesar 15,81 pada siklus I. Selain itu, terjadi pula peningkatan dari siklus I ke siklus II. Nilai rata-rata membaca cepat pada siklus I sebesar 98,32 Kpm dan pada siklus II sebesar 103,28 Kpm sehingga terjadi peningkatan sebesar 4,96 Kpm. Serta terjadi peningkatan pula pada nilai rata-rata membaca efektif dari siklus I ke siklus II sebesar 1,46 yaitu pada siklus I sebesar 77,43 dan siklus II sebesar 78,89. Jadi, hasil belajar siswa pada siklus II dapat dikatakan telah berhasil, karena telah mencapai standar membaca cepat sebesar 100 (Kpm) dan membaca efektif sebesar 70.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Membaca cepat dan efektif, media papan buletin.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 03 Sep 2018 04:30
Last Modified: 03 Sep 2018 04:30
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7665

Actions (login required)

View Item View Item