PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGAPRESIASI CERPEN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CIRC PADA SISWA KELAS V SDN 2 MAMBALAN LOMBOK BARAT TAHUN AJARAN 2010/2011

AULIA, FIQRI BUDI (2011) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGAPRESIASI CERPEN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CIRC PADA SISWA KELAS V SDN 2 MAMBALAN LOMBOK BARAT TAHUN AJARAN 2010/2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi - Revisi.docx
Restricted to Repository staff only

Download (160kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan kemampuan mengapresiasi cerpen dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC pada pembelajaran Bahasa Indonesia bagi siswa kelas V SDN 2 Mambalan. Hal ini disebabkan karena kurang aktifnya siswa dalam kegiatan pembelajaran. Salah satu cara yang ditempuh untuk meningkatkan kemampuan siswa mengapresiasi cerpen yaitu dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC terhadap kemampuan mengapresiasi cerpen pada siswa kelas V SDN 2 Mambalan dan untuk mengetahui aktivitas atau sikap siswa dalam proses pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan dua tahap yaitu siklus I dan siklus II. Berdasarkan data dan hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan adanya peningkatan kemampuan mengapresiasi cerpen dari siklus I ke siklus II dengan nilai rata-rata yang diperoleh 73,35 dan persentase ketuntasan belajar mencapai 65% pada siklus I; dan nilai rata-rata yang diperoleh 84,4 dan persentase ketuntasan belajar mencapai 95% pada siklus II atau meningkat 30% dari siklus I. Data yang diperoleh menujukkan bahwa dengan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan mengunakan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC dapat meningkatkan kemampuan mengapresiasi cerpen pada siswa kelas V SDN 2 Mambalan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Mengapresiasi cerpen, model pembelajaran kooperatif tipe CIRC.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 03 Sep 2018 04:28
Last Modified: 03 Sep 2018 04:28
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7678

Actions (login required)

View Item View Item