PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGAPRESIASI UNSUR INSTRINSIK CERITA RAKYAT DENGAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE CIRC SISWA KELAS V MI DARUNNAJAH DUMAN TAHUN PELAJARAN 2010/2011

ANAS, AZWAR (2011) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGAPRESIASI UNSUR INSTRINSIK CERITA RAKYAT DENGAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE CIRC SISWA KELAS V MI DARUNNAJAH DUMAN TAHUN PELAJARAN 2010/2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB I - V.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Rendahnya kemampuan siswa dalam mengapresiasi unsur instrinsik cerita rakyat di kelas V MI Darunnajah dikarenakan kurangnya buku sumber dan media yang kurang memadai. Untuk mengatasi hal ini, peneliti menggunakan Model Cooperative Learning Tipe CIRC dimana siswa saling membacakan cerita satu dengan yang lainnya dan bekerja sama untuk memahami ide pokok. Masalah Penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah penggunaan Model Cooperative Learning Tipe CIRC dalam meningkatkan kemampuan mengapresiasi unsur instrinsik cerita rakyat siswa kelas V MI Darunnajah. Berdasarkan rumusan masalah tersebut maka tujuan dari penelitian ini (1) Untuk meningkatkan aktivitas siswa dalam mengapresiasi unsur instrinsik cerita (2) Untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V MI Darunnajah dalam mengapresiasi unsur instrinsik cerita rakyat. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi atau evaluasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V MI Darunnajah Duman yang berjumlah 11 orang siswa terdiri dari 6 orang laki-laki dan 5 orang perempuan. Pengumpulan data diperoleh dari lembar observasi dan tes hasil belajar siswa. Penelitian ini dikatakan berhasil jika peningkatan rata-rata prestasi belajar siswa ditiap siklus mendapat nilai ≥60 dan ketuntasan belajar 70%. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I, diperoleh nilai rata-rata kelas 69,3 dengan persentase ketuntasan klasikal 72,72% dan pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 78,1 dengan persentase ketuntasan klasikal 81,81% sehingga telah tercapai ketuntasan belajar klasikal yang ditetapkan yaitu 70%. Berdasarkan hasil penelitian dan ketercapaian indikator dapat disimpulkan bahwa Penggunaan Model Cooperative Learning Tipe CIRC Dapat Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Mengapresiasi Unsur Instrinsik Cerita Rakyat Siswa Kelas V MI Darunnajah Duman Tahun Pelajaran 2010/2011.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Apresiasi,Unsur Instrinsik, Model Cooperative Learning,CIRC
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 03 Sep 2018 04:28
Last Modified: 03 Sep 2018 04:28
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7679

Actions (login required)

View Item View Item