IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN CALSTUNG (MEMBACA, MENULIS DAN BERHITUNG) DALAM KURIKULUM 2013 DI KELAS II SDN GUUGUS 1 KECAMATAN MATARAM TAHUN PELAJARAN 2017/2018

PRATIWI, ALIFHA ASNA (2018) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN CALSTUNG (MEMBACA, MENULIS DAN BERHITUNG) DALAM KURIKULUM 2013 DI KELAS II SDN GUUGUS 1 KECAMATAN MATARAM TAHUN PELAJARAN 2017/2018. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL SKRIPSI.pdf

Download (623kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode evaluasi dalam tingkat eksplainasi deskriptif. Tujuan dalam penelitian ini yaitu mengetahui gambaran implementasi pembelajaran calistung (membaca, menulis dan berhitung) dalam Kurikulum 2013 di kelas II. Sampel dalam penelitian ini yaitu 4 guru yang ditentukan dengan purposive sampling. Keempat guru tersebut yaitu bapak Muhammad, ibu Nilna dan ibu Zuheriah dari SDN 6 Mataram dan ibu Fatimah dari SDN 20 Mataram. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu wawancara dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran calistung dalam Kurikulum 2013 di kelas II masuk dalam kategori keterlaksanaan cukup baik dengan skor rata-rata dalam 3 kali pertemuan sebesar 20,83. Calistung telah dilaksanakan secara tematik oleh guru pada kegiatan inti dengan menerapkan pendekatan saintifik juga memperhatikan aturan dan prinsip pembelajaran dalam kurikulum 2013. Meskipun begitu terdapat beberapa unsur pembelajaran calistung sesuai kurikulum 2013 yang masih kurang optimal dilaksanakan oleh guru. Hal inilah yang harus ditingkatkan guru untuk mengoptimalkan pembelajaran calistung di kelas II. Kata Kunci:

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Implementasi Pembelajaran Calistung, Kurikulum 2013.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: M Jafar Jafar
Date Deposited: 03 Sep 2018 04:28
Last Modified: 03 Sep 2018 04:28
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7680

Actions (login required)

View Item View Item