NENGSI, DETTY TRIWULAN (2018) EFEKTIVITAS MEDIA TIMBANGAN BILANGAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA OPERASI HITUNG PERKALIAN DAN PEMBAGIAN PADA PESERTA DIDIK KELAS II SDN GUGUS 10 KECAMATAN NARMADA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. S1 thesis, Universitas Mataram.
|
Text
JURNAL.pdf Download (624kB) | Preview |
Abstract
Departemen Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram, Jl. Majapahit No. 62 Mataram 83115 Email : dettywulan3@gmail.com Abstrak : Studi sebelumnya telah mengungkapkan bahwa penggunaan media timbangan bilangan mempengaruhi hasil belajar peserta didik. Disini, penelitian evaluasi dilakukan untuk menguji efektivitas media timbangan bilangan terhadap hasil belajar matematika peserta didik dan menentukan seberapa besar keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media timbangan bilangan terhadap hasil belajar dapat terlaksana. Test objektif dan lembar angket keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media timbangan bilangan diberikan kepada 66 peserta didik kelas II sekolah dasar di SDN gugus 10 kecamatan Narmada, yang ditentukan dengan menggunakan simple randem sampling. Efektivitas antara variabel yang dinilai dengan menggunakan product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata post-test sebesar 54,93 dan nilai rata-rata pre-test sebesar 48,16. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis diperoleh hasil thitung > ttabel = 4,95 > 1,99 pada taraf signifikansi 5%. Hal ini menunjukkan bahwa Ho dinyatakan ditolak dan Ha dinyatakan diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat efektivitas media timbangan bilangan terhadap hasil belajar matematika operasi hitung perkalian dan pembagian pada peserta didik kelas II SDN gugus 10 kecamatan Narmada
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | media timbangan |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | M Jafar Jafar |
Date Deposited: | 03 Sep 2018 04:28 |
Last Modified: | 03 Sep 2018 04:28 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7681 |
Actions (login required)
View Item |