PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN OPEN-ENDED PROBLEM (OEP) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKN DI SMKN 5 MATARAM

ASTITI, NI WAYAN (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN OPEN-ENDED PROBLEM (OEP) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKN DI SMKN 5 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
jurnal.pdf

Download (304kB) | Preview

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran open-ended problems (OEP) terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PPKn di SMKN 5 Mataram pada tahun ajaran 2017/ 2018. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 30 orang pada kelas eksperimen dan 21 orang pada kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen tes sebanyak 20 butir yang telah memenuhi validitas dan realibilitas instrumen. Berdasarkan hasil perhitungan pengujian hipotesis dengan uji-t dengan nilai t hitung 9,029 dan t tabel = 2,0625 dengan dk= 49pada taraf signifikansi 5% sehingga nilai t hitung 9,029 > t tabel = 2,0625 , maka hipotesis penelitian yang berbunyi ada pengaruh penggunaan model pembelajaran Open Ended Problem (OEP) terhadap hasil belajar kognitif pada mata pelajaran PPKn di SMKN 5 Mataram diterima. Kata kunci: ,

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model Pembelajaran Open-Ended Problems (OEP), Hasil Belajar Kognitif,PPKn.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: M Jafar Jafar
Date Deposited: 03 Sep 2018 04:28
Last Modified: 03 Sep 2018 04:28
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7684

Actions (login required)

View Item View Item