PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI DENGAN MEDIA GAMBAR ACAK PADA SISWA KELAS IV SDN 1 GELOGOR TAHUN PELAJARAN 2010/2011

SARI, MAYA PERMANA (2011) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI DENGAN MEDIA GAMBAR ACAK PADA SISWA KELAS IV SDN 1 GELOGOR TAHUN PELAJARAN 2010/2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI MAYA.doc
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Permasalahan yang dihadapi oleh SDN 1 Gelogor dalam proses pembelajaran adalah sering diterapkan metode ceramah dan tidak menggunakan media pembelajaran. Hal ini yang menyebabkan rendahnya prestasi hasil belajar siswa khusunya pada pembelajaran menulis karangan narasi. Untuk mengatasi masalah tersebut perlu dilakukan peningkatan kemampuan menulis karangan narasi yang menggunakan media gambar acak untuk siswa kelas IV dengan jumlah 25 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan di SDN 1 Gelogor Kecamatan Kediri tahun pelajaran 2010/2011. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian tindakan kelas (PTK) ini adalah meningkatkan kemampuan menulis narasi dengan menggunakan media gambar acak mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kela IV SDN 1 Gelogor Kecamatan kediri. Prosedur penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Indikator dalam penelitian ini adalah nilai rata-rata kelas siklus setelah mengalami peningkatan dari nilai rata-rata kelas siklus sebelumnya dan memiliki nilai rata-rata ≥ 65, ketuntasan klasikal 75%. Terbukti pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa adalah 68,29 dari 41 jumlah siswa. Sedangkan ketuntasan belajar siswa pada siklus I diperoleh 63,41%. Pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa adalah 73,29. Sedangkan ketuntasan belajar siswa pada siklus II meningkat menjadi 85,37%. Dari ketuntasan belajar pada siklus I dan ketuntasan belajar pada siklus II diperoleh selisih ketuntasan belajar siswa adalah 21,96%. Selain dari pada itu, pada siklus I nilai rata-rata hasil observasi aktivitas siswa adalah 1,9 dan hasil observasi kegiatan guru adalah 1,9 dan dikatagorikan aktif. Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata hasil observasi aktivitas siswa meningkat menjadi 2,5 dan nilai rata-rata kegiatan guru meningkat menjadi 2,3 dan dikatagorikan sangat aktif. Jadi dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan ketuntasan belajar antara siklus I dan siklus II karena sudah melebihi indikator ketercapaian yaitu 75%. Berdasarkan hasil yang diproleh maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media gambar acak dapat meningkatkan kemampuan menulis narasi siswa kelas IV SDN I Gelogor Kecamatan kediri.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Menulis Karangan Narasi, Media Gambar Acak
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 03 Sep 2018 04:28
Last Modified: 03 Sep 2018 04:28
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7687

Actions (login required)

View Item View Item