PURWANTI, MARTHA AGUS (2011) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN DENGAN METODE LATIHAN BERJENJANG MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS I DI SEKOLAH NASIONAL 3 BAHASA “BUDI LUHUR”. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
BAB I.doc Restricted to Repository staff only Download (47kB) |
Abstract
Berdasarkan pembahasan di atas, dapat disimpulkan bahwa penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas atas empat tahap yaitu: perencanaan tindakan; pelaksanaan tindakan; observasi; dan refleksi. Pada siklus I pembelajaran menulis yang dilakukan adalah menulis huruf lepas (huruf cetak) dan pada siklus II pembelajaran menulis huruf sambung (huruf cetak). Hasil belajar siswa untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa kelas 1 di Sekolah Nasional 3 Bahasa Budi Luhur tahun pembelajaran 2010–2011 hasil yang diperoleh yaitu pada siklus I diperoleh jumlah keseluruhan nilai siswa 1320, nilai rata-rata kelas 82,5 dengan persentase kelulusan sebesar 81,25%. Sedangkan pada siklus II diperoleh jumlah keseluruhan nilai siswa 1373 dengan nilai rata-rata kelas 85,8 dan persentase kelulusan mencapai 93,75%. Jadi, persentase peningkatan dari siklus I ke siklus II adalah sekitar 12,5%. Dengan demikian, penggunaan latihan berjenjang untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa kelas 1 di Sekolah Nasional 3 Bahasa Budi Luhur dapat dikatakan berhasil.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | perencanaan tindakan; pelaksanaan tindakan; observasi; dan refleksi. Pada siklus I pembelajaran menulis yang dilakukan adalah menulis huruf lepas (huruf cetak) dan pada siklus II pembelajaran menulis huruf sambung (huruf cetak). |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Rini Trisnawati |
Date Deposited: | 03 Sep 2018 04:27 |
Last Modified: | 03 Sep 2018 04:27 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7688 |
Actions (login required)
View Item |