PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN DENGAN METODE LATIHAN BERJENJANG MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS I DI SEKOLAH NASIONAL 3 BAHASA “BUDI LUHUR”

PURWANTI, MARTHA AGUS (2011) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN DENGAN METODE LATIHAN BERJENJANG MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS I DI SEKOLAH NASIONAL 3 BAHASA “BUDI LUHUR”. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB I.doc
Restricted to Repository staff only

Download (47kB)

Abstract

Berdasarkan pembahasan di atas, dapat disimpulkan bahwa penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas atas empat tahap yaitu: perencanaan tindakan; pelaksanaan tindakan; observasi; dan refleksi. Pada siklus I pembelajaran menulis yang dilakukan adalah menulis huruf lepas (huruf cetak) dan pada siklus II pembelajaran menulis huruf sambung (huruf cetak). Hasil belajar siswa untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa kelas 1 di Sekolah Nasional 3 Bahasa Budi Luhur tahun pembelajaran 2010–2011 hasil yang diperoleh yaitu pada siklus I diperoleh jumlah keseluruhan nilai siswa 1320, nilai rata-rata kelas 82,5 dengan persentase kelulusan sebesar 81,25%. Sedangkan pada siklus II diperoleh jumlah keseluruhan nilai siswa 1373 dengan nilai rata-rata kelas 85,8 dan persentase kelulusan mencapai 93,75%. Jadi, persentase peningkatan dari siklus I ke siklus II adalah sekitar 12,5%. Dengan demikian, penggunaan latihan berjenjang untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa kelas 1 di Sekolah Nasional 3 Bahasa Budi Luhur dapat dikatakan berhasil.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): perencanaan tindakan; pelaksanaan tindakan; observasi; dan refleksi. Pada siklus I pembelajaran menulis yang dilakukan adalah menulis huruf lepas (huruf cetak) dan pada siklus II pembelajaran menulis huruf sambung (huruf cetak).
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 03 Sep 2018 04:27
Last Modified: 03 Sep 2018 04:27
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7688

Actions (login required)

View Item View Item