Peningkatan Keterampilan Menulis Surat Resmi dengan Pendekatan Kontekstual Komponen Masyarakat Belajar Siswa Kelas VII/B MTs. Darul Qur’an Bengkel Tahun Ajaran 2011

Firmansyah, Dafit (2011) Peningkatan Keterampilan Menulis Surat Resmi dengan Pendekatan Kontekstual Komponen Masyarakat Belajar Siswa Kelas VII/B MTs. Darul Qur’an Bengkel Tahun Ajaran 2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB I.doc
Restricted to Repository staff only

Download (51kB)

Abstract

Keterampilan menulis pada siswa kelas VII/B MTs. Darul Qur’an Bengkel selama ini belum maksimal. Dalam menulis surat resmi, siswa masih mengalami kesulitan dalam penggunaan bahasa. Lemahnya keterampilan menulis surat resmi siswa disebabkan sebagian besar siswa kurang berminat mengikuti pelajaran bahasa Indonesia, kurangnya pemahaman siswa tentang surat resmi, dan siswa kurang berlatih menulis surat resmi. Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana peningkatan keterampilan menulis surat resmi siswa kelas VII/B MTs. Darul Qur’an Bengkel setelah diberikan pembelajaran kontekstual komponen masyarakat belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsi peningkatan keterampilan menulis surat resmi siswa kelas VII/B MTs. Darul Qur’an Bengkel setelah diberikan pembelajaran kontekstual komponen masyarakat belajar. Jenis penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus yang terdiri atas tahap perecanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Data aktivitas siswa dan guru diperoleh dari hasil nontes yaitu pada tahap observasi sedangkan data hasil belajar siswa diperoleh melalui tes yang diberikan pada tiap akhir siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan Pendekatan kontekstual komponen masyarakat belajar dalam pembelajaran keterampilan menulis surat resmi siswa kelas VII/B MTs. Darul Qur’an Bengkel mengalami peningkatan dan sudah memenuhi target pencapaian nilai rata-rata kelas. Pada siklus I kemampuan menulis surat resmi siswa diperoleh hasil belajar rata-rata nilai 53. Nilai tersebut termasuk dalam kategori kurang. Setelah dilakukan tindakan pembelajaran siklus II, kemampuan menulis surat resmi siswa meningkat menjadi nilai rata-rata 78. Nilai rata-rata 78 sudah memenuhi target penilaian yang ditentukan karena termasuk dalam kategori baik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pendekatan Kontekstual, Surat Resmi, Keterampilan Menulis
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 03 Sep 2018 04:26
Last Modified: 03 Sep 2018 04:26
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7705

Actions (login required)

View Item View Item