PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PUISI DENGAN STRATEGI MODELLING SISWA KELAS V SDN 1 MEKARSARI TAHUN PELAJARAN 2010-2011

FEBRIANA, DEWI (2011) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PUISI DENGAN STRATEGI MODELLING SISWA KELAS V SDN 1 MEKARSARI TAHUN PELAJARAN 2010-2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
ABSTRAK.doc
Restricted to Repository staff only

Download (25kB)

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan oleh penulis terhadap guru dan siswa kelas V SD Negeri 1 Mekarsari dengan sistem observasi dan wawancara diperoleh hasil bahwa keterampilan siswa kelas V SD Negeri 1 Mekarsari dalam membaca puisi masih rendah. Hal ini disebabkan karena guru kurangnya strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru dala menyampaikan materi membaca puisi. Berdasarkan masalah tersebut salah satu pemecahan masalah yang ditawarkan oleh penulis untuk diteliti adalah Peningkatan Keterampilan Membaca Puisi Dengan Strategi Modelling Siswa Kelas V SDN 1 Mekarsari Tahun Ajaran 2010-2011. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca puisi siswa kelas V SDN 1 Mekarsari dengan strategi modelling. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi. Data aktivitas belajar siswa diperoleh dengan cara observasi sedangkan data keterampilan siswa dalam membaca puisi diperoleh dari hasil tes performance pada tiap akhir siklus. Penerapan strategi modelling pada penelitian ini dikatakan berhasil apabila 80 % siswa mencapai prestasi belajar ≥ 65, sedangkan aktivitas belajar siswa minimal berkategori aktif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa tiap siklusnya, yakni pada siklus I berkategori aktif menjadi sangat aktif pada siklus II. Sedangkan untuk keterampilan membaca puisi siswa terlihat dari nilai ketuntasan klasikal yang mengalami peningkatan pada setiap siklusnya, masing-masing mempunyai nilai sebesar 64,51% dengan jumlah siswa yang tuntas yaitu 20 siswa dari 31 siswa yang mengikuti evaluasi pada siklus I, dan 86,20% dengan jumlah siswa yang tuntas yaitu 25 siswa dari 29 siswa yang mengikuti tes pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa peningkatan keterampilan membaca puisi dengan strategi modelling telah berhasil terlaksana.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Strategi Modelling, Keterampilan Membaca Puisi.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 03 Sep 2018 04:25
Last Modified: 03 Sep 2018 04:25
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7706

Actions (login required)

View Item View Item