Analisis Kelayakan Usaha dan Strategi Pemasaran Pembibitan Sayuran di Kecamatan Masbagik Kabupaten Lombok Timur (Study Kasus UD. Utami)

Pamungkas, Gian Pebriana (2018) Analisis Kelayakan Usaha dan Strategi Pemasaran Pembibitan Sayuran di Kecamatan Masbagik Kabupaten Lombok Timur (Study Kasus UD. Utami). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL GIAN PEBRIANA PAMUNGKAS (C1G013090).pdf

Download (623kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk :(1).Bagaimana kelayakan usaha pembibitan sayuran UD. Utami Kecamatan Masbagik Kabupaten Lombok Timur, (2). Bagaimana strategi pemasaran usaha pembibitan sayuran UD. Utami Kecamatan Masbagik Kabupaten Lombok Timur, (3). Masalah dan hambatan apa saja yang dihadapi oleh pemilik usaha pembibitan UD. Utami. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskritif. Teknik pelaksanaan penelitian menggunakan teknik survei. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder, dan jenis data yang digunakan terdiri dari data kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Lombok Timur yaitu di Desa Kumbung Timur RT 000/ RW 000, Kecamatan Masbagik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1). Pendapatan usaha pembibitan sayuran UD. Utami dalam satu bulan sebesar Rp. 31.434.811 dengan nilai R/C ratio sebesar 2,40. Artinya usaha pembibitan UD. Utami layak di kembangkan. (2). Strategi pemasaran yang dilakukan oleh UD. Utami 1. Strategi Produk, meliputi kombinasi barang dan jasa 2. Strategi harga, meliputi berupa penetapan harga berdasarkan jenis produk, pemberian diskon potongan harga dan modifikasi harga berdasarkan bulan dan musim 3. Strategi tempat yaitu berupa pemasaran langsung dan pemasaran melalui pengecer. 4. Strategi promosi meliputi, iklan cetak, sampel, tawaran uang kembali, imbalan berlangganan dan garansi produk. (3) Masalah dan Hambatan yang dihadapi usaha pembibitan UD. Utami adalah fluktuasi harga benih adanya gangguan hama (ulat tanah dan kupu-kupu) dan persaingan harga. Adapun saran yang disampaikan penulis yaitu : (1). Disarankan kepada pemerintah atau instansi terkait untuk memberikan bantuan berupa benih, obat-obatan dengan harga terjangkau kepada pelaku usaha pembibitan. Serta memberikan penyuluhan kepada pelaku usaha pembibitan dalam mengembangkan usahannya. (2). Perlu adanya kerja sama pemilik usaha pembibitan dengan perusahaan benih, untuk menekan biaya produksi (b) Perlu adanya pembentukan kelembagaan untuk usaha pembibitan, agar keseragaman dalam hal penentuan harga bibit. Kata kunci:

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): ikan nila, efisiensi pemasaran, margin pemasaran, share petani
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: M Jafar Jafar
Date Deposited: 03 Sep 2018 04:25
Last Modified: 03 Sep 2018 04:25
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7715

Actions (login required)

View Item View Item