EFEKTIVITAS PEMBERIAN TES PADA SETIAP PERTEMUAN YANG DISERTAI DENGAN CORRECTIVE FEEDBACK DALAM PEMBELAJARAN SEGIEMPAT DAN SEGITIGA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2017/2018

WOLAGOLE, ELISABETH (2018) EFEKTIVITAS PEMBERIAN TES PADA SETIAP PERTEMUAN YANG DISERTAI DENGAN CORRECTIVE FEEDBACK DALAM PEMBELAJARAN SEGIEMPAT DAN SEGITIGA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2017/2018. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (894kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya prestasi belajar matematika siswa yang diketahui dari hasil UN dan hasil ulangan harian siswa SMP Negeri 3 Mataram. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru matematika di sekolah tersebut diperoleh informasi bahwa dalam pelaksanaan pembelajaran guru tidak melakukan evaluasi yang berkala terhadap materi-materi pelajaran yang telah diajarkan. Hal ini menyebabkan beberapa hal diantaranya guru tidak mengetahui secara baik pemahaman dan penguasaan siswa terhadap materi pembelajaran, guru tidak mengetahui sejauhmana kemajuan belajar yang telah dicapai siswa dan siswa sendiri tidak memiliki keterampilan menyelesaikan permasalahan – permasalahan terkait materi yang sudah dipelajari. Evaluasi penting untuk dilakukan. Evaluasi yang baik harus dilakukan secara terus-menerus/berkelanjutan. Salah satu alat evaluasi yang dapat digunakan dalam pelaksanaan proses pembelajaran adalah tes. Pemberian tes perlu disertai dengan pemberian corrective feedback agar siswa dapat mengetahui hasil pekerjaannya dan dapat mengetahui jawaban prosedur pengerjaan soal tes yang sebenarnya. Berdasarkan hal tersebut maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pemberian tes pada setiap pertemuan yang disertai dengan corrective feedback dalam pembelajaran segiempat dan segitiga siswa kelas VII SMPN 3 Mataram tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan posttest only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Mataram. Sampeldiambil menggunakan teknik simple random sampling diperoleh kelas VII-3 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-2 sebagai kelas kontrol. Pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara memberikan posttest berupa soal pilihan ganda kepada kedua kelas sampel. Hasil analisis data posttest menunjukkan bahwa rata-rata nilai kelas eksperimen sebesar 64,81 sedangkan kelas kontrol sebesar 52,59. Data posttest tersebut selanjutnya dianalisis menggunakan statistik uji t dengan tujuan untuk mengetahui beda dua nilai rata-rata kelas sampel penelitian. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa t_(hitung )=2,64 ≥t_tabel=2,01 dengan db 52 dan taraf signifikasi 5%. Ini berarti terdapat perbedaan secara signifikan antara rata-rata prestasi belajar siswa pada kelas eksperimen yakni kelas yang mendapat perlakuan dan kelas kontrol yakni kelas yang tidak mendapat perlakuan. Kata kunci:

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Efektivitas,tes, correctivefeedback
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: M Jafar Jafar
Date Deposited: 04 Sep 2018 04:52
Last Modified: 04 Sep 2018 04:52
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7737

Actions (login required)

View Item View Item