EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SAINS BERBASIS INKUIRI MELALUI STRATEGI KOOPERATIF TERHADAP PERKEMBANGAN SIKAP ILMIAH DAN MINAT SERTA HASIL BELAJAR KOGNITIF BIOLOGI SISWA SMPN 2 MATARAM

SUKIMAN, MUHAMAD SALEH (2013) EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SAINS BERBASIS INKUIRI MELALUI STRATEGI KOOPERATIF TERHADAP PERKEMBANGAN SIKAP ILMIAH DAN MINAT SERTA HASIL BELAJAR KOGNITIF BIOLOGI SISWA SMPN 2 MATARAM. S2 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
cOVER dan hal. pengesahan.rtf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini terdiri atas dua tahap yaitu: 1) penelitian pengembangan, dan 2) penelitian eksperimen. Penelitian pengembangan bertujuan untuk mengembangkan perangkat Pembelajaran Sains Berbasis Inkuiri (PSBI) yang terdiri atas: RPP, PIS, LIS dan PIM. Penelitian eksperimen bertujuan untuk mengetahui : 1) apakah ada perbedaan sikap ilmiah, minat, dan hasil belajar siswa dengan menggunakan PSBI dan siswa yang belajar tidak menggunakan PSBI, 2) apakah ada perbedaan sikap ilmiah, minat, dan hasil belajar siswa melalui teknik kooperatif STAD dengan siswa yang belajar melalui teknik kooperatif Jigsaw, 3) apakah ada pengaruh interaksi PSBI dengan teknik kooperatif STAD dan Jigsaw terhadap sikap ilmiah, minat, dan hasil belajar siswa, 4) apakah ada korelasi antara sikap ilmiah, minat dengan hasil belajar biologi siswa. Perangkat pembelajaran dikembangkan mengacu pada model pengembangan Dick and Carry. Penelitian eksperimental dengan rancangan faktorial 2 x 2 dengan pola pretes-postes. Data dikumpulkan dengan instrumen berupa tes pilihan ganda, tes sikap ilmiah dan minat siswa terhadap biologi diperoleh melalui angket. Penelitian eksperimen dilaksanakan di SMPN 2 Mataram semester genap tahun pelajaran 2009/2010. Analisis data menggunakan teknik Anacova (Analisis of Covarian) dengan bantuan program analisis statistik SPSS 16.0 for windows. Hasil validasi ahli terhadap perangkat pembelajaran menunjukan bahwa sebagian besar (87,05% - 92,5% ) menyatakan perangkat layak digunakan, hasil uji kelompok kecil menunjukan bahwa 92,5% siswa menyatakan perangkat sangat baik, uji lapangan 83,8% siswa menyatakan perangkat cukup layak digunakan. Hasil penelitian eksperimen menunjukan bahwa: (1) Ada perbedaan sikap ilmiah antara siswa yang belajar dengan menggunakan perangkat PSBI dengan siswa yang belajar dengan menggunakan perangkat NonPSBI” (F=18,26; p=0,00). (2) Tidak ada perbedaan sikap ilmiah siswa yang belajar melalui strategi kooperatif STAD dengan siswa yang belajar melalui strategi kooperatif Jigsaw (F= 0,12; p=0,73). (3) Ada pengaruh interaksi jenis perangkat pembelajaran dengan tipe strategi kooperatif terhadap sikap ilmiah siswa (F=5,89; p=0,02). (4) Ada perbedaan minat antara siswa yang belajar dengan menggunakan perangkat PSBI dengan siswa yang belajar dengan menggunakan perangkat model NonPSBI (F=2,26; p=0,03). (5) Ada perbedaan minat siswa yang belajar melalui strategi kooperatif STAD dengan siswa yang belajar melalui strategi kooperatif Jigsaw (F= 1,95; p=0,04). 6) Tidak ada pengaruh interaksi jenis perangkat pembelajaran dengan tipe strategi kooperatif terhadap minat siswa” (F=3,76; p=0,051). 7) Ada perbedaan hasil belajar kognitif siswa yang belajar dengan menggunakan PSBI dan siswa yang belajar tidak menggunakan PSBI (F = 23,12; p =0,00). 8) Ada perbedaan hasil belajar kognitif siswa yang belajar melalui teknik kooperatif STAD dengan siswa yang belajar melalui teknik kooperatif Jigsaw (F = 5,95 ; p =0,02). 9) Tidak ada pengaruh interaksi perangkat PSBI dengan teknik kooperatif terhadap hasil belajar kognitif siswa (F = 2,94 ; p = 0,06). 10) Ada korelasi positif antara sikap ilmiah dengan hasil belajar kognitif (r = 0,25; p=0,002) dan nilai signifikansi 0,002<0,05. 11) Ada korelasi positif antara minat terhadap biologi dengan hasil belajar kognitif ( r = 0,58; p = 0,000) dan nilai signifikan 0,000<0,05. Kata kunci :

Item Type: Thesis (S2)
Keywords (Kata Kunci): PSBI, sikap ilmiah, minat, hasil belajar kognitif, STAD dan Jigsaw
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Pascasarjana
Depositing User: M Jafar Jafar
Date Deposited: 04 Sep 2018 04:52
Last Modified: 04 Sep 2018 04:52
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7744

Actions (login required)

View Item View Item