PENERAPAN PEMBELAJARAN DENGAN KARTU INKUIRI BIOLOGI MELALUI STRATEGI KOOPERATIF UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN RETENSI SISWA SMPN 2 MATARAM

RUBIYANTO, RUBIYANTO (2010) PENERAPAN PEMBELAJARAN DENGAN KARTU INKUIRI BIOLOGI MELALUI STRATEGI KOOPERATIF UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN RETENSI SISWA SMPN 2 MATARAM. S2 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Tesis final.docx
Restricted to Repository staff only

Download (169kB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dalam dua tahap yaitu:1) penelitian pengembangan, dan 2) penelitian eksperimen. Penelitian pengembangan bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran yang terdiri atas; 1) KIB dan LIB, 2) RPP, dan 3) tes keterampilan berpikir kritis. Penelitian eksperimen bertujuan untuk menjajaki: 1) perbedaan keterampilan berpikir kritis dan retensi siswa yang belajar dengan menggunakan KIB dan siswa yang belajar tidak menggunakan KIB; 2) perbedaan keterampilan berpikir kritis dan retensi siswa yang belajar melalui teknik STAD dengan siswa yang belajar melalui teknik Jigsaw; 3) pengaruh interaksi KIB dan strategi kooperatif (STAD dan Jigsaw) terhadap keterampilan berpikir kritis dan retensi. Perangkat pembelajaran dikembangkan mengacu pada model pengembangan Dick and Carey. Penelitian eksperimen dengan rancangan faktorial 2 x 2, dan desain pre test post test non equivalen control group design. Data keterampilan berpikir kritis dan retensi dikumpulkan dengan tes model taksonomi SOLO. Penelitian eksperimen dilaksanakan di SMPN 2 Mataram semester genap tahun 2009/2010. Data dianalisis dengan menggunakan teknik Anacova dengan bantuan program SPSS 16,0 for windows. Hasil penelitian pengembangan menunjukkan bahwa sebagian besar validator (Uji Ahli 1 = 92,10% dan Uji Ahli 2 = 94,60%) menyatakan perangkat baik untuk digunakan. Uji kelompok kecil menyatakan bahwa perangkat baik digunakan (96,76%), uji lapangan siswa menyatakan perangkat baik untuk digunakan (98,25%). Hasil penelitian eksperimen menunjukkan bahwa: 1) ada perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa yang belajar dengan menggunakan KIB dan siswa yang tidak menggunakan KIB (F=118,05 dan p=0,00); 2) ada perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa yang belajar melalui teknik kooperatif STAD dengan siswa yang belajar melalui teknik kooperatif Jigsaw (F=8,42 dan p=0,00); 3) tidak ada pengaruh interaksi KIB dengan strategi kooperatif terhadap keterampilan berpikir kritis (F=1,67 dan p=0,19); 4) ada perbedaan retensi siswa yang belajar dengan menggunakan KIB dan yang tidak mengunakan KIB, 5) tidak ada perbedaan retensi siswa yang belajar melalui STAD dengan siswa yang belajar melalui Jigsaw (F=3,08 dan p=0,08), dan 6) tidak ada pengaruh interaksi perangkat KIB dengan strategi kooperatif terhadap retensi (F=2,37 dan p=0,13) Kata kunci :

Item Type: Thesis (S2)
Keywords (Kata Kunci): keterampilan berpikir kritis, retensi, KIB,STAD, Jigsaw
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana
Depositing User: M Jafar Jafar
Date Deposited: 04 Sep 2018 04:51
Last Modified: 04 Sep 2018 04:51
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7750

Actions (login required)

View Item View Item