PERBEDAAN GURU TERSERTIFIKASI DAN BELUM TERSERTIFIKASI DITINJAU DARI KOMPETENSI GURU IPA SMA KOTA MATARAM TAHUN 2011

EDY SUSILO, EDY SUSILO (2011) PERBEDAAN GURU TERSERTIFIKASI DAN BELUM TERSERTIFIKASI DITINJAU DARI KOMPETENSI GURU IPA SMA KOTA MATARAM TAHUN 2011. S2 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Isi Tesis Edy docx.doc
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya (1) perbedaan kompetensi pedagogik guru yang tersertifikasi dan yang belum tersertifikasi; (2) perbedaan kompetensi kepribadian guru yang tersertifikasi dan yang belum tersertifikasi ; ( 3) perbedaan kompetensi sosial guru yang tersertifikasi dan yang belum tersertifikasi, (4) perbedaan kompetensi profesional guru yang tersertifikasi dan yang belum tersertifikasi. Penentuan sampel dengan menggunakan penelitian populasi sejumlah 82 orang, terdiri dari 26 orang guru tersertifikasi dan 56 orang guru belum tersertifikasi. Data dianalisis menggunakan teknik analisis komparasional bivariat dengan tes “t” , apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara guru tersertifikasi dengan guru yang belum tersertifikasi, ataukah perbedaan itu terjadi karena kebetulan saja (by chane). Pada taraf signifikan 5% harga “t hitung” 8.75 untuk kompetensi pedagogik lebih besar dari t tabel 2.64, untuk kompetensi kepribadian 4.16 lebih besar dari t tabel 2.64, untuk kompetensi sosial 1.15 lebih kecil dari t tabel 2.64, untuk kompetensi profesional adalah 7.77 lebih besar dari t tabel 2.64, dan untuk kompetensi guru 5.44 lebih besar dari t tabel 2.64. Kesimpulan: (1) ada perbedaan kompetensi pedagogik antara guru IPA SMA Kota Mataram yang tersertifikasi dan yang belum tersertifikasi; (2) ada perbedaan kompetensi kepribadian antara guru IPA SMA Kota Mataram yang tersertifikasi dan yang belum tersertifikasi (3) tidak ada perbedaan kompetensi sosial antara guru IPA SMA Kota Mataram yang tersertifikasi dan yang belum tersertifikasi, (4) ada perbedaan kompetensi profesional antara guru IPA SMA Kota Mataram yang tersertifikasi dan yang belum tersertifikasi, (5) ada perbedaan kompetensi antara guru IPA SMA Kota Mataram yang tersertifikasi dan yang belum tersertifikasi Terdapat konstribusi penilaian portofolio dan pelaksanaan PLPG terhadap peningkatan kompetensi guru. Kata kunci:

Item Type: Thesis (S2)
Keywords (Kata Kunci): Guru tersertifikasi dan belum tersertifikasi, kompetensi
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Pascasarjana
Depositing User: M Jafar Jafar
Date Deposited: 04 Sep 2018 04:51
Last Modified: 04 Sep 2018 04:51
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7751

Actions (login required)

View Item View Item