PENERAPAN PEMBELAJARAN DENGAN MEDIA GAMBAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA SISWA SMP NEGERI 2 MATARAM

SAILANTINI, NI MADE KEMBAR (2011) PENERAPAN PEMBELAJARAN DENGAN MEDIA GAMBAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA SISWA SMP NEGERI 2 MATARAM. S2 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB IV tesis MEDIA 2012.docx

Download (101kB)

Abstract

Gambar melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD terhadap Kemampuan Menulis Teks Berita Siswa SMP Negeri 2 Mataram. Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Mataram, 2012. Tesis ini sudah dikoreksi dan diperiksa oleh Pembimbing I: Drs. H. Syahdan, M.Ed.,Ph.D dan Pembimbing II: Dr. H. Rusdiawan, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) perbedaan kemampuan menulis teks berita bagi siswa yang belajar dengan menggunakan media gambar dengan siswa yang belajar tanpa menggunakan media gambar. 2) perbedaan kemampuan menulis teks berita bagi siswa yang belajar melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan siswa yang belajar melalui model pembelajaran konvensional. 3) mengetahui pengaruh penggunaan media gambar terhadap kemampuan menulis teks berita bagi siswa yang belajar melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan penggunaan media gambar melalui model pembelajaran konvensional. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Mataram. Sampel terdiri atas 103 siswa, ditentukan dengan teknik random sampling. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, kuisioner/angket, dan tes uraian. Tes dilakukan untuk mendapatkan data prates dan postes tentang kemampuan siswa menulis teks berita untuk keperluan pengujian hipotesis. Uji hipotesis digunakan teknik analisis anacova dengan program SPSS 16 for windows. Hasilnya menunjukkan bahwa: 1) secara signifikan terdapat perbedaan kemampuan menulis teks berita bagi siswa yang belajar dengan menggunakan media gambar dengan siswa yang belajar tanpa menggunakan media gambar. Kemampuan menulis teks berita siswa yang mengikuti pembelajaran dengan media gambar lebih tinggi daripada siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa media gambar (F = 106.070 dan Sig 0,00. Sig < 0,05); 2) terdapat perbedaan kemampuan menulis teks berita bagi siswa yang belajar melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan siswa yang belajar melalui model pembelajaran konvensional. Kemampuan siswa menulis teks berita yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih tinggi daripada siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional (F = 57.033 dan Sig 0,00. Sig < 0,05); 3) tidak terdapat pengaruh penggunaan media gambar terhadap kemampuan menulis teks berita bagi siswa yang belajar melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan penggunaan media gambar melalui model pembelajaran konvensional. Penggunaan media gambar yang diterapakan melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan penggunaan media gambar melalui model pembelajaran konvensional sama-sama dapat meningkatkan kemampuan siswa menulis teks berita. (F = 0,324 dan Sig 0,571. Sig > 0,05). Kata kunci:

Item Type: Thesis (S2)
Keywords (Kata Kunci): gambar, kooperatif tipe STAD, konvensional, kemampuan menulis
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Pascasarjana
Depositing User: M Jafar Jafar
Date Deposited: 04 Sep 2018 04:51
Last Modified: 04 Sep 2018 04:51
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7752

Actions (login required)

View Item View Item