PEMBELAJARAN FISIKA MELALUI PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES DENGAN METODE EKSPERIMEN DAN DEMONSTRASI DITINJAU DARI MOTIVASI BERPRESTASI DAN SIKAP ILMIAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR

SAIFUL BAHRY, SAIFUL BAHRY (2011) PEMBELAJARAN FISIKA MELALUI PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES DENGAN METODE EKSPERIMEN DAN DEMONSTRASI DITINJAU DARI MOTIVASI BERPRESTASI DAN SIKAP ILMIAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR. S2 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
ARTIKEL.docx

Download (47kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh pembelajaran metode eksperimen dan demonstrasi terhadap prestasi belajar siswa, (2) pengaruh motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar siswa, (3) pengaruh sikap ilmiah terhadap prestasi belajar siswa, (4) intraksi antara metode eksperimen dan demonstrasi dengan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar siswa, (5) interaksi antara metode eksperimen dan demonstrasi dengan sikap ilmiah terhadap prestasi belajar siswa, (6) interaksi antara sikap ilmiah dengan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar siswa, (7) interaksi antara pembelajaran fisika melalui pendekatan keterampilan proses dengan menggunakan metode eksperimen dan demonstrasi dengan motivasi berprestasi dan sikap ilmiah terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Terara tahun pelajaran 2010/2011 yang berjumlah 6 kelas. Sampel penelitian berbentuk 2 kelas eksperimen yang diperoleh dengan teknik cluster random sampling.. Kelas eksperimen I dengan perlakuan metode eksperimen dan kelas eksperimen II dengan perlakuan metode demonstrasi. Pengumpulan data menggunakan teknik tes untuk prestasi belajar kognitif, angket afektif, angket motivasi berprestasi, dan angket sikap ilmiah. Uji hipotesis penelitian menggunakan anava tiga jalan dengan bantuan software Minitab 15. Hasil penelitian menunjukkan (1) metode eksperimen memberikan prestasi kognitif lebih baik daripada metode demonstrasi, tetapi tidak pada asfek afektif; (2) motivasi berprestasi tinggi memberikan prestasi kognitif lebih baik daripada motivasi berprestasi rendah; (3) tidak terdapat pengaruh sikap ilmiah terhadap prestasi belajar kognitif maupun afektif siswa; (4) terdapat interaksi antara metode eksperimen dan demonstrasi dengan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar kognitif siswa, tetapi tidak pada aspek afektif. Metode demonstrasi akan lebih baik prestasi kognitifnya jika diajarkan pada siswa yang memiliki motivasi tinggi dan sebaliknya metode eksperimen akan lebih sesuai jika diajarkan pada siswa yang memiliki motivasi rendah; (5) tidak terdapat interaksi antara metode eksperimen dan demonstrasi dengan sikap ilmiah terhadap prestasi belajar kognitif, maupun afektif; (6) Siswa yang memiliki motivasi rendah dengan sikap ilmiah tinggi prestasi kognitifnya lebih baik daripada siswa yang memiliki motivasi tinggi dengan sikap ilmiah rendah.; (7) tidak terdapat interaksi antara pembelajaran fisika melalui pendekatan keterampilan proses dengan menggunakan metode eksperimen dan demonstrasi dengan motivasi berprestasi dan sikap ilmiah siswa terhadap prestasi belajar kognitif maupun afektif siswa. Kata kunci :

Item Type: Thesis (S2)
Keywords (Kata Kunci): Keterampilan proses, eksperimen, demonstrasi, motivasi berprestasi, sikap ilmiah, prestasi belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Pascasarjana
Depositing User: M Jafar Jafar
Date Deposited: 04 Sep 2018 04:50
Last Modified: 04 Sep 2018 04:50
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7754

Actions (login required)

View Item View Item