KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DAN TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA.

Nariadi, Nariadi (2018) KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DAN TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA. S2 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
Artikel Thesis.pdf

Download (455kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kolaborasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan Tipe Jigsaw dalam meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa pada MTs dakwah Islamiyah Putra. Metode dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas VIII pada MTs Dakwah Islamiyah Putra yang tersebar dalam 6 kelas dan kelas yang dijadikan sampel adalah 3 kelas dengan tehnik random sampling. Data pretest kemudian diuji dengan uji F di peroleh Fhitung sebesar 1,33 < Ftabel sebesar 1,84 yang berarti varians datanya homogen. Post test yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa berupa test pilihan ganda. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pada kelas kelompok STAD adalah75,00 dan rata-rata pada kelompok Jigsaw adalah 75,56 dan rata-rata pada kelompok kolaborasi adalah 76,52 dan selanjutnya data hasil post test diuji homogenitas datanya dengan uji F diperoleh Fhitung sebesar 1,04 < Ftabel sebesar 1,84 yang berarti varians datanya homogen. Metode statistik analisa jalur dengan bantuan SPSS dan didapatkan hasil pada model pembelajaran tipe STAD adalah nilai signifikan = 0,71 yang lebih besar dari 0,05 atau nilai t = 0,37 yang lebih kecil dari titik kritis 2,12 pada model pembelajaran tipe Jigsaw adalah nilai signifikan = 0,66 yang lebih besar dari 0,05 atau pada nilai t = 0,44 yang lebih kecil dari titik kritis 2,12 dan pada model pembelajaran kolaborasi tipe STAD dan tipe Jigsaw adalah nilai signifikan = 0,00 yang lebih kecil dari 0,05 atau pada nilai t = 11,67 yang lebih besar dari titik kritis 2,12. Kesimpulannya model pembelajaran kolaborasi tipe STAD dan tipe Jigsaw lebih efektif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Kata kunci :

Item Type: Thesis (S2)
Keywords (Kata Kunci): Kolaborasi, model pembelajaran tipe STAD, model pembelajaran tipe JIGSAW, prestasi.
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: M Jafar Jafar
Date Deposited: 04 Sep 2018 04:32
Last Modified: 04 Sep 2018 04:32
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7762

Actions (login required)

View Item View Item