PERBEDAAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MELALUI PENERAPAN STRATEGI KOOPERATIF TIPE INVESTIGASI KELOMPOK DAN TIPE NHT DITINJAU DARI SIKAP SISWA TERHADAP BIOLOGI

Haryani Sri Mardiyanti, Haryani Sri Mardiyanti (2013) PERBEDAAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MELALUI PENERAPAN STRATEGI KOOPERATIF TIPE INVESTIGASI KELOMPOK DAN TIPE NHT DITINJAU DARI SIKAP SISWA TERHADAP BIOLOGI. S2 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Artikel Penelitian.doc

Download (239kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment) yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya: (1) perbedaan keterampilan berpikir kritis antara siswa yang meng¬ikuti pembelajaran dengan strategi kooperatif tipe Investigasi Kelompok dan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan strategi NHT ditinjau dari kategori sikap terhadap biologi terhadap biologi. (2) perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa yang memiliki sikap tinggi terhadap biologi dan belajar melalui Investigasi Kelompok dengan siswa yang belajar melalui NHT. (3) perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa yang memiliki sikap rendah terhadap biologi dan belajar melalui strategi Investigasi Kelompok dengan siswa yang belajar melalui strategi NHT. (4) perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa yang memiliki sikap tinggi terhadap biologi dan sikap rendah terhadap biologi yang mengikuti pembelajaran dengan Investigasi Kelompok. (5) perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa yang memiliki sikap tinggi terhadap biologi dan sikap rendah terhadap biologi yang mengikuti pembelajaran dengan NHT. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik random. Sampel diambil dari siswa kelas X SMA Negeri 1 Mataram sebanyak 4 kelas yaitu kelas X1, X2, X3 dan X4. Data penelitian dianalisis dengan teknik analisis varian (ANAVA) satu jalur dan dilanjutkan uji-t. Hasil uji hipotesis pada taraf signifikansi 0,05, menunjukkan bahwa: 1) Terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan strategi Investigasi Kelompok dan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan strategi NHT ditinjau dari sikap tinggi terhadap biologi dan sikap rendah terhadap biologi (F=7,37). 2) Tidak terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa yang memiliki sikap tinggi terhadap biologi dan belajar melalui strategi Investigasi Kelompok dengan siswa yang belajar melalui strategi NHT (t=1,40). 3) Tidak terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa yang memiliki sikap rendah terhadap biologi dan belajar melalui strategi Investigasi Kelompok dengan siswa yang belajar melalui strategi NHT (t=1,47). 4) Terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa yang memiliki sikap tinggi terhadap biologi dan sikap rendah terhadap biologi yang mengikuti pembelajaran dengan strategi Investigasi Kelompok (t=2,97). 5) terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa yang memiliki sikap tinggi terhadap biologi dan sikap rendah terhadap biologi yang mengikuti pembelajaran dengan strategi NHT (t=3,03). Kata kunci :

Item Type: Thesis (S2)
Keywords (Kata Kunci): investigasi kelompok, NHT, keterampilan, berpikir kritis, sikap, biologi.
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Pascasarjana
Depositing User: M Jafar Jafar
Date Deposited: 04 Sep 2018 04:32
Last Modified: 04 Sep 2018 04:32
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7763

Actions (login required)

View Item View Item