PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE TALKING STICK PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SEMESTER II SDN 18 MATARAM TAHUN AJARAN 2009/2010

G U N T U R, G U N T U R (2011) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE TALKING STICK PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SEMESTER II SDN 18 MATARAM TAHUN AJARAN 2009/2010. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB I1 ok.doc
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan dasar adalah pendidikan yang sangat penting untuk dikembangkan oleh guru di dalam proses belajar mengajar berkaitam dengan tujuan agar siswa mampu mengembangkan kemampuan dirinya melalui proses belajar mengajar. Salah masalah dalam proses belajar mengajar dalam penggunaan metode selama ini cenderung monoton dan membosankan, sehingga yang berperan aktif dalam proses belajar mengajar adalah guru saja. Sementara yang diinginkan sesuai dengan tujuan dalam proses belajar mengajar adalah siswa, sehingga siswa dapat memahami suatu materi yang akan disampaikan oleh guru. Permasalah dalam penelitian ini adalah bagaimana cara meningkatkan prestasi belajar siswa dengan menggunakan metode talking stick pada siswa kelas IV semester II SDN 18 Mataram Tahun 2009/2010. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh hasil tentang pembelajaran dengan menggunakan metode talking stick pada siswa kelas IV semester II SDN 18 Mataram Tahun ajaran 2009/2010 untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, pelaksanaannya adalah terdiri atas tiga siklus, dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, sedangka analisis data menggunakan rumus ketuntasan belajar. Berdasarkan hasil dan pembahasan yang dilakukan dari setiap siklus dapat disimpulkan bahwa peningkatan prestasi belajar siswa kelas IV SDN 18 Mataram Tahun pelajaran 2009/2010 dengan metode talking stick mengalami peningkatan, baik dari hasil belajar maupun dari aktivitas siswa selama proses pembelajaran. Hal ini dapat di lihat dari perolehan nilai hasil belajar siswa pada siklus I dengan ketuntasan secara klasikal 73% dan nilai rata-rata aktivitas siswa 2,25 dengan persentase 56,3%. Pada siklus II, terjadi peningkatan nilai yang diperoleh siswa dari hasil belajar dengan persentasi ketuntasan secara klasikal sebesar 100%, dan nilai rata-rata aktivitas siswa 3,5 dengan persentase 87,5%. Kemudian pada siklus III, nilai yang diperoleh siswa secara klasikal sebesar 100%, dan nilai rata-rata aktivitas belajar siswa 3,8 dengan persentase 95%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Peningkatan Prestasi, Belajar, Metode Talking Stick
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 08 Sep 2018 02:40
Last Modified: 08 Sep 2018 02:40
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7766

Actions (login required)

View Item View Item