PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS V DI SD NEGERI 9 AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2010-2011

NIRMALA, ARISANDI (2011) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS V DI SD NEGERI 9 AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2010-2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB I prop baru.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (198kB)

Abstract

Berdasarkan hasil penelitian terhadap proses belajar mengajar mata pelajaran IPS pada materi keanekaragaman kenampakan alam dan buatan di Indonesia serta pembagian wilayah waktu di Indonesia di SD Negeri 9 Ampenan dapat disimpulkan sebagai berikut: 1. Pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) dapat meningkatkan motivasi belajar IPS pada siswa kelas V di SDN 9 Ampenan. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan rata-rata prosentase motivasi belajar IPS siswa kelas V SDN 9 Ampenan dari 55,18% dengan kategori kurang pada siklus I meningkat menjadi 65,54% dengan kategori cukup pada siklus II dan meningkat menjadi 81,25% dengan kategori baik pada siklus III. 2. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas V di SDN 9 Ampenan. Hal ini terbukti adanya peningkatan prosentase hasil belajar sebelum diberi tindakan dan setelah diberi tindakan pada siklus I, II dan siklus III. Sebelum diberi tindakan skor rata-rata hasil belajar sebesar 55,35 tampak dari hasil pre test setelah diberi tindakan pada siklus I skor rata-rata meningkat menjadi 61,32 dengan prosentase ketercapaian 55,26% dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan skor rata-rata 78,16

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): meningkatkan hasil belajar IPS
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 08 Sep 2018 02:40
Last Modified: 08 Sep 2018 02:40
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7772

Actions (login required)

View Item View Item