NIRMALA, ARISANDI (2011) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS V DI SD NEGERI 9 AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2010-2011. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
BAB I prop baru.rtf Restricted to Repository staff only Download (198kB) |
Abstract
Berdasarkan hasil penelitian terhadap proses belajar mengajar mata pelajaran IPS pada materi keanekaragaman kenampakan alam dan buatan di Indonesia serta pembagian wilayah waktu di Indonesia di SD Negeri 9 Ampenan dapat disimpulkan sebagai berikut: 1. Pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) dapat meningkatkan motivasi belajar IPS pada siswa kelas V di SDN 9 Ampenan. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan rata-rata prosentase motivasi belajar IPS siswa kelas V SDN 9 Ampenan dari 55,18% dengan kategori kurang pada siklus I meningkat menjadi 65,54% dengan kategori cukup pada siklus II dan meningkat menjadi 81,25% dengan kategori baik pada siklus III. 2. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas V di SDN 9 Ampenan. Hal ini terbukti adanya peningkatan prosentase hasil belajar sebelum diberi tindakan dan setelah diberi tindakan pada siklus I, II dan siklus III. Sebelum diberi tindakan skor rata-rata hasil belajar sebesar 55,35 tampak dari hasil pre test setelah diberi tindakan pada siklus I skor rata-rata meningkat menjadi 61,32 dengan prosentase ketercapaian 55,26% dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan skor rata-rata 78,16
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | meningkatkan hasil belajar IPS |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Rini Trisnawati |
Date Deposited: | 08 Sep 2018 02:40 |
Last Modified: | 08 Sep 2018 02:40 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7772 |
Actions (login required)
View Item |