UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL LATIHAN BERTANYA BERPASANGAN PADA MATAPELAJARAN SAINS DI KELAS IV SDN SONDO TAHUN PELAJARAN 2010/2011

Amrullah, Yazir (2011) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL LATIHAN BERTANYA BERPASANGAN PADA MATAPELAJARAN SAINS DI KELAS IV SDN SONDO TAHUN PELAJARAN 2010/2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
bab 1-3.doc
Restricted to Repository staff only

Download (269kB)

Abstract

Sains merupakan salah satu mata pelajaran yang dianggap abstrak dan imajinatif. Sehingga siswa jenuh dan bosan pada saat pembelajaran berlangsung. Oleh karena itu seorang guru memerlukan model pembelajaran yang bervariasi. Penelitian mengenai upaya meningkatkan hasil belajar siswa melalui model latihan bertanya berpasangan pada mata pelajaran sains di kelas IV dilakukan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah pembelajaran. Untuk memudahkan siswa dalam memahami materi sifat-sifat benda dan perubahan wujud benda perlu dilakukan perbaharuan strategi belajar yaitu salah satunya dengan penerapan model latihan bertanya berpasanan, supaya dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV SDN Sondo Kecamatan Janapria, Kabupaten Lombok Tengah. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tiga instrumen, yaitu lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi aktifitas guru, dan evaluasi individu berupa tes pilihan ganda. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prosentase siswa yang tuntas pada siklus I adalah 75%. Pada siklus II, prosentase siswa yang tuntas adalah 91,66%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model latihan bertanya berpasangan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Disaranan agar guru dalam pembelajaran sains sebaiknya menggunakan pendekatan pembelajaran yang sesuai, salah satunya adalah dengan menerapkan model latihan bertanya berpasangan sebagai alternatif terutama pada materi sifat-sifat benda dan perubahan wujud benda.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model Latihan Bertanya Berpasangan, hasil belajar siswa, sifat-sifat benda dan perubahan wujud benda.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 08 Sep 2018 02:40
Last Modified: 08 Sep 2018 02:40
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7774

Actions (login required)

View Item View Item