UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MENGENAL KONSEP BILANGAN MELALUI MEDIA PAPAN FLANEL PADA KELAS I SDN 8 SAKRA KECAMATAN. SAKRA KABUPATEN. LOMBOK TIMUR

ZULISTIANI, ENI (2011) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MENGENAL KONSEP BILANGAN MELALUI MEDIA PAPAN FLANEL PADA KELAS I SDN 8 SAKRA KECAMATAN. SAKRA KABUPATEN. LOMBOK TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI JADI.doc
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Permasalahan yang diteliti dalam skripsi ini adalah kurangnya hasil belajar siswa dalam kegiatan pembelajaran terutama pembelajaran Matematika masih kurang, hal ini dikarenakan masih kurangnya penggunaan media dalam pembelajaran sehingga membuat siswa menjadi cepat bosan, aktivitas siswa menjadi kurang aktif dan tidak tercapainya KKM yang sudah ditentukan, untuk mengatasi masalah tersebut. Peneliti menggunakan media papan flannel khususnya untuk membantu siswa mengenal konsep bilangan di kelas I SDN 8 Sakra. Adapun rumusan masalahnya adalah: 1) Apakah penggunaan media papan plannel dapat meningkatkan pemahaman siswa pada konsep bilangan 10–20 dan lambang bilangan pada siswa kelas I SDN 8 Sakra? 2) Apakah penggunaan media papan flannel dapat memenuhi standar minimal nilai KKM yang sudah ditentukan oleh sekolah dalam mengenal konsep bilangan 10–20 dan lambang bilangan pada siswa kelas I SDN 8 Sakra?. Adapun tujuan penelitian adalah: 1) Untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas I SDN 8 Sakra dalam mengenal konsep bilangan dan lambang bilangan melalui media papan flannel. 2) Untuk belajar siswa kelas I SDN 8 Sakra dalam mrengenal konsep bilangan dan lambang bilangan menggunakan media papan flannel. Penelitian ini adalah PTK dengan subyek yang diteliti adalah seluruh siswa kelas I dengan jumlah siswanya 37 orang yang terdiri dari 20 laki-laki dan 17 perempuan. Prosedur penelitian yang digunakan adalah siklus, penelitian yang dilaksanakan terdiri dari tiga siklus dengan instrumen penelitiannya adalah tes hasil belajar dan pedoman observasi. Analisis datanya adalah untuk mengetahui prestasi belajar siswa terhadap materi yang telah diajarkan. Hasil penelitian tentang media papan flanel mampu meningkatkan hasil belajar siswa kelas pada mata pelajaran matematika sub pokok mengenal konsep bilangan 10-20 di SDN 8 Sakra, hal ini terbukti dengan terjadinya peningkatanprestasi pada tiap siklus diantaranya: 1) siklus I nilai ketuntasan rata-rata kelasnya 68,24 dan ketuntasan presentasinya 48,64%, 2) siklus II nilai ketuntasan rata-rata kelasnya 74,72 dan ketuntasan presentasinya 72,97%, 3) siklus III nilai ketuntasan rata-rata kelasnya 78,78 dan ketuntasan presentasenya 91,88%. Jadi terjadi peningkatan sebanyak 24,33% dari siklus I kesiklus II dan pada siklus II ke siklus III terjadi peningkatan sebanyak 18,91%. Hasil pelaksanaan diatas menjelaskan bahwa pelaksanaan penelitiannya berhasil.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): meningkatkan motivasi dan prestasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 08 Sep 2018 02:39
Last Modified: 08 Sep 2018 02:39
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7777

Actions (login required)

View Item View Item