PRATIWI, RIAN (2011) UPAYA MENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SAINS MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS V SDN 5 WANASABA TAHUN PELAJARAN 2011/2012. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
skiripsi tiwi.rtf Restricted to Repository staff only Download (11MB) |
Abstract
Penelitian ini bersifat kolaborasi (kerja sama) antara guru dengan peneliti. Adapun tujuan penelitian ini adalah 1) ingin mengetahui keaktifan belajar Sains melalui pembelajaran kooperatif tipe make a match siswa kelas V SDN 5 Wanasaba tahun ajaran 2011/2012, 2) ingin mengetahui hasil belajar belajar Sains melalui pembelajaran koopertif tipe make a match siswa kelas V SDN 5 Wanasaba Tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V semester I SDN 5 Wanasaba tahun ajaran 2011/2012 dan dilaksanakan dalam 3 siklus Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan jumlah siswa 34 orang. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi dan refleksi. Indikator kinerja dalam peneitian ini adalah rata-rata evaluasi belajar siswa dikatakan meningkat apabila terjadi peningkatan skor dari rata-rata skor siklus sebelumnya dan minimal mencapai nilai 65 dengan persentase ketuntasan belajar secara klasikal minimal 75% siswa memperoleh nilai ≥ 65, keaktifan siswa dikatakan meningkat apabila terjadi peningkatan skor aktivitas siswa pada setiap siklusnya dan minimal aktivitas siswa berkategori aktif dan aktivitas guru dikatakan meningkat apabila terjadi peningkatan skor aktivitas guru pada setiap siklusnya dan minimal berkategoro baik. Adapun hasil penelitian pada siklus I skor rata-rata aktivitas belajar siswa 9,2 berkategori cukup aktif, pada siklus 2 skor rata-rata aktivitas siswa 13,2 berkategori aktif dan terjadi peningkatan menjadi 15,2 berkategori sangat aktif pada siklus 3. Dari hasil penelitian ini juga menunjukkan pada siklus 1 rata-rata skor aktivitas guru 12,0 berkategori baik, pada siklus 2 rata-rata skor aktivitas guru 14,8 berkategori baik, dan pada siklus 3 rata-rata skor aktivitas guru 15,2 berkategori sangat baik. Pada hasil belajarnya yaitu pada siklus I nilai rata-rata siswa 62,05, pada siklus 2 nilai rata-rata 68,29 dan meningkat menjadi 78,67 pada siklus 3, dengan ketuntasan klasikal pada siklus 1 52,94%, pada siklus 2 73,52% dan 82,35% pada siklus 3. Dengan demikian penerapan pembelajaran kkoperatif tipe make a match dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar Sains kelas V semester 1 SDN 5 Wanasaba. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan guru dapat menerapkan metode kooperatif ini dalam proses pembelajaran yang memiliki masalah yang sama pada siswa.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Metode make a match, keaktifan dan hasil belajar, Sains. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Rini Trisnawati |
Date Deposited: | 08 Sep 2018 02:39 |
Last Modified: | 08 Sep 2018 02:39 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7783 |
Actions (login required)
View Item |