UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI METODE DISKUSI KELOMPOK PADA MATA PELAJARAN SAINS DI KELAS V SDN 2 GUNUNG SARI TAHUN PELAJARAN 2010/2011

YULINDA, NIA (2011) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI METODE DISKUSI KELOMPOK PADA MATA PELAJARAN SAINS DI KELAS V SDN 2 GUNUNG SARI TAHUN PELAJARAN 2010/2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Isi skripsi ku.doc
Restricted to Repository staff only

Download (494kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya prestasi belajar siswa di kelas V SDN 2 Gunung Sari. Salah satu penyebab rendahnya prestasi belajar siswa adalah metode yang digunakan guru dalam pembelajaran cenderung monoton. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata hasil ulangan harian siswa kelas V semester I tahun pelajaran 2010/2011 masih rendah yaitu sebesar 64,6 sehingga belum mencapai KKM. Untuk mengatasi permasalahan ini guru perlu menerapkan metode diskusi kelompok untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar pada mata pelajaran Sains di kelas V SDN 2 Gunung Sari. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus, dimana pada tiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 2 Gunung Sari tahun pelajaran 2010/2011 yang berjumlah 41 siswa. Data prestasi belajar siswa diperoleh melalui tes evaluasi tiap akhir siklus, sedangkan data aktivitas belajar siswa diperoleh melalui lembar observasi. Indikator keberhasilan dari penelitian ini adalah jika 85% siswa telah mencapai prestasi belajar ≥ 65 dan aktivitas belajar siswa minimal tergolong aktif. Hasil penelitian aktivitas siswa pada siklus I adalah 66,6% yang tergolong cukup aktif, pada siklus II adalah 79,1% yang tergolong aktif, dan siklus III diperoleh skor aktivitas belajar siswa sebesar 88,8% yang tegolong sangat aktif. Hasil evaluasi siswa pada siklus I sebesar 62,5%, pada siklus II sebesar 77,5%, dan pada siklus III sebesar 87,5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode diskusi kelompok dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V SDN 2 Gunung Sari.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Diskusi kelompok, prestasi belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 08 Sep 2018 02:39
Last Modified: 08 Sep 2018 02:39
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7785

Actions (login required)

View Item View Item