PENERAPAN MEDIA POSTER BERBASIS INKUIRI DENGAN STRATEGI KOOPERATIF UNTUK MENINGKATKAN KECAKAPAN HIDUP DAN SIKAP ILMIAH DITINJAU DARI KEMAMPUAN AKADEMIK SISWA SMP NEGERI 10 MATARAM

LALU JINADE, LALU JINADE (2014) PENERAPAN MEDIA POSTER BERBASIS INKUIRI DENGAN STRATEGI KOOPERATIF UNTUK MENINGKATKAN KECAKAPAN HIDUP DAN SIKAP ILMIAH DITINJAU DARI KEMAMPUAN AKADEMIK SISWA SMP NEGERI 10 MATARAM. S2 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
BAB I-FIX.pdf

Download (197kB) | Preview

Abstract

x Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan Media Poster Berbasis Inkuiri (MPBI) dengan strategi kooperatif untuk meningkatkan kecakapan hidup (kecakapan berpikir rasional dan sosial) dan sikap ilmiah. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu (quasi experimental research) dengan rancangan pretest-posttest non-equivalen control group desain dan analisis faktorial 2x2x2. Sampel penelitian terdiri atas 144 siswa yang terbagi dalam 4 kelas dengan perlakuan yang berbeda antara lain kelas VII F (Media Gambar-STAD), VII G (MPBI-NHT), VII J (Media Gambar-NHT) dan kelas VII K (MPBI-STAD). Instrumen penelitian berupa angket kecakapan sosial, angket sikap ilmiah dan tes kecakapan berpikir rasional siswa. Data hasil penelitian di analisis dengan teknik anakova menggunakan program SPSS 18 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan : 1) kecakapan hidup (berpikir rasional dan sosial) siswa yang belajar menggunakan MPBI dan siswa yang belajar menggunakan media gambar berbeda signifikan, 2) kecakapan hidup (berpikir rasional dan sosial) siswa yang belajar melalui strategi kooperatif tipe STAD dan siswa yang belajar melalui tipe NHT tidak berbeda secara signifikan, 3) kecakapan hidup (kecakapan berpikir rasional) siswa yang memiliki kemampuan akademik atas dan siswa yang memiliki kemampuan akademik bawah tidak berbeda secara signifikan, sedangkan kecakapan sosial siswa yang memiliki kemampuan akademik atas dan siswa yang memiliki kemampuan akademik bawah berbeda signifikan, 4) interaksi antara MPBI, strategi kooperatif (STAD dan NHT), dan kemampuan akademik tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kecakapan hidup (berpikir rasional dan sosial) siswa, 5) sikap ilmiah siswa yang belajar menggunakan MPBI dan siswa yang belajar menggunakan media gambar berbeda signifikan. 6) sikap ilmiah siswa yang belajar melalui strategi kooperatif tipe STAD dan siswa yang belajar melalui tipe NHT tidak berbeda secara signifikan, 7) sikap ilmiah siswa yang memiliki kemampuan akademik atas dan siswa yang memiliki kemampuan akademik bawah berbeda secara signifikan, 8) Interaksi antara MPBI, strategi kooperatif (STAD dan NHT) dan kemampuan akademik tidak berpengaruh secara signifikan terhadap sikap ilmiah siswa. Kata Kunci :

Item Type: Thesis (S2)
Keywords (Kata Kunci): Media Poster Berbasis Inkuiri (MPBI), Strategi kooperatif, Kecakapan hidup, sikap ilmiah dan kemampuan akademik.
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Pascasarjana
Depositing User: M Jafar Jafar
Date Deposited: 08 Sep 2018 02:39
Last Modified: 08 Sep 2018 02:39
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7787

Actions (login required)

View Item View Item