UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF (COOPERATIVE LEARNING) TIPE SNOWBALL THROWING PADA PEMBELAJARAN PKn KELAS IV SDN 17 AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2010/2011

NURHAYATI, NURHAYATI (2011) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF (COOPERATIVE LEARNING) TIPE SNOWBALL THROWING PADA PEMBELAJARAN PKn KELAS IV SDN 17 AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2010/2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB I-BAB V.docx
Restricted to Repository staff only

Download (19MB)

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas (PTK) ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar PKn siswa kelas IV SDN 17 Ampenan tahun 2010/2011. Melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 17 Ampenan tahun pelajaran 2010/2011 dengan jumlah siswa laki-laki 14 orang dan 22 orang siswa perempuan. Data aktivitas guru dan siswa dikumpulkan dengan teknik observasi, dan prestasi belajar siswa dikumpulkan dengan tes tertulis dalam bentuk pilihan ganda pada setiap akhir siklus. Selanjutnya data dianalisis secara kuantitatif. Dalam penelitian ini ditetapkan indikator keberhasilan sebesar 75% dan ketercapaian nilai KKM sebesar 65 yang menunjukkan ketuntasan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan prestasi belajar siswa pada siklus I mencapai ketuntasan belajar 72,22% meningkat menjadi 80,56% pada siklus II, dan terjadi peningkatan nilai rata-rata aktivitas siswa pada siklus I mencapai 64,58 meningkat menjadi 81,94 pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing pada matapelajaran PKn dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV SDN 17 Ampenan tahun pelajaran 2010/2011.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Snowball throwing, Mata pelajaran PKn, dan Prestasi Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 08 Sep 2018 02:39
Last Modified: 08 Sep 2018 02:39
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7788

Actions (login required)

View Item View Item