UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SUB POKOK BAHASAN GIOMETRI DAN PENGUKURAN MELALUI PENERAPAN STERATEGI PAKEM DENGAN METODE INQUIRY DI KELAS III SDN 9 SELEBUNG KETANGGA TAHUN AJARAN 2010/2011

HAKIM, RAHMAN (2011) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SUB POKOK BAHASAN GIOMETRI DAN PENGUKURAN MELALUI PENERAPAN STERATEGI PAKEM DENGAN METODE INQUIRY DI KELAS III SDN 9 SELEBUNG KETANGGA TAHUN AJARAN 2010/2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB I,II,III,IV,V, dan LAMPIRAN.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (95MB)

Abstract

Dengan berlatar belakang pada permasalahan mengenai masih rendahnya prestasi belajar Matematika siswa kelas III SDN 9 Selebung Ketangga Kecamatan Keruak lombok timur tahun ajaran 2010/2011 yang disebabkan oleh guru masih seringnya menggunakan metode ceramah sehingga peran aktif siswa terabaikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pakem dengan menggunakan metode inquiry dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas III SDN 9 Selebung Ketangga Lombok timur tahun ajaran 2010/2011. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan metode tes yang berupa tes essay dan metode observasi dengan menggunakan lembar observasi. Metode tes digunakan untuk mengetahui sejauh mana tingkat pemahaman siswa terhadap materi pelajaran yang telah dibahas. Sedangkan metode observasi digunakan untuk mengetahui tingkat aktivitas guru dan siswa dalam melaksanakan aktivitas pembelajaran. Hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa, aktivitas dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Matematika dapat meningkat perestasi belajar melalui penerapan strategi pakem dengan menggunakan metode inquiry yakni pada siklus I nilai rata-rata siswa 55,85, siklus dan II 76,09. Data hasil observasi aktivitas guru siklus I 59,2, dan siklus II 83.3 Data hasil observasi aktivitas siswa, siklus I, 47,7% siklus II 72,2%. Hal ini menunjukkan bahwa melalui penerapan strategi pakem dengan menggunakan metode inquiry dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Pakem, inquiry, prestasi, matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 08 Sep 2018 02:39
Last Modified: 08 Sep 2018 02:39
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7792

Actions (login required)

View Item View Item