PENERAPAN STRATEGI BELAJAR AKRONIM MELALUI METODE CERAMAH DALAM MENIGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV/A SDN 2 BELEKA TAHUN PELAJARAN 2011/2012 PADA MATA PELAJARAN PKn

ROSID, SUPARMAN (2011) PENERAPAN STRATEGI BELAJAR AKRONIM MELALUI METODE CERAMAH DALAM MENIGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV/A SDN 2 BELEKA TAHUN PELAJARAN 2011/2012 PADA MATA PELAJARAN PKn. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB I - V.doc
Restricted to Repository staff only

Download (239kB)

Abstract

Rendahnya hasil belajar PKn siswa kelas IV/A SDN 2 Beleka menjadi masalah yang dikeluhkan guru. Hasil observasi terhadap keluhan tersebut didapat bahwa guru membelajarkan materi PKn kelas IV dengan menerapkan model pembelajaran strukturalistik tradisional, yaitu siswa membaca buku atau menulis apa yang ada di buku, kemudian guru menerangkan dan memberikan soal untuk dikerjakan. Model pembelajaran seperti ini mengakibatkan siswa mengalami kesulitan mengingat materi yang dibelajarkan dan berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah. Permasalahan yang diangkat pada penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan strategi belajar Akronim melalui metode Ceramah dalam meningkatan hasil belajar siswa kelas IV/A SDN 2 Beleka tahun pelajaran 2011/2012 pada mata pelajaran PKn. Tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan strategi belajar Akronim melalui metode Ceramah seperti apa yang dapat meningkatan hasil belajar siswa kelas IV/A SDN 2 Beleka tahun pelajaran 2011/2012 pada mata pelajaran PKn. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui observasi dan tes. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi, dan refleksi. Berdasarkan hasil analisis data, hasil belajar siswa yang dicapai pada siklus I adalah 63,33% dan pada siklus II adalah 86,667%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa penerapan strategi belajar Akronim melalui metode Ceramah dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV/A SDN 2 Beleka tahun pelajaran 2011/2012 pada mata pelajaran PKn.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Strategi Belajar Akronim, Metode Ceramah, Hasil Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 08 Sep 2018 02:37
Last Modified: 08 Sep 2018 02:37
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7810

Actions (login required)

View Item View Item