PENERAPAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III SDN MERANG BARU TAHUN PELAJARAN 2011 / 2012

Hidayah, Nurul (2012) PENERAPAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III SDN MERANG BARU TAHUN PELAJARAN 2011 / 2012. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB I - V.docx
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)

Abstract

Rendahnya prestasi belajar siswa dalam pelajaran matematika di sebabkan oleh praktek pembelajaran yang terjadi cenderung pada pembelajaran berpusat pada guru yang akibatnya kualitas pembelajaran matematika masih rendah, maka di perlukan inovasi pembelajaran matematika yaitu Pendidikan Matematika Realistik (PMR) adalah pendidikan matematika yang dilaksanakan dengan menempatkan realitas dan pengalaman siswa sebagai titik awal pembelajaran. Permasalahan penelitian ini adalah “Bagaimana penerapan pendidikan matematika realistik dapat meningkatkan prestasi belajar pada pokok bahasan Keliling Persegi dan Persegi Panjang bagi siswa kelas III SDN Merang Baru Kec. Praya Kab. Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2011/2012?”. Tujuan penelitian ini adalah “ Menerapkan pendidikan matematika realistik untuk meningkatkan prestasi belajar matematika pokok bahasan Keliling Persegi dan Persegi Panjang di kelas III SDN Merang Baru Kec. Praya Kab. Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2011/2012“ .Kegiatan pembelajaran menggunakan penerapan matematika realistic untuk meningkatkan prestasi belajar siswa di lakukan dengan tahapan-tahapan sebagai berikut : (1) menyajikan masalah kontekstual, (2) menjelaskan masalah kontekstual, (3) menyelesaikan masalah kontekstual , (4) membandingkan dan mendiskusikan jawaban, (5) menyimpulkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan diskriptif kualitatif. Dari hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa Pada siklus I hasil evaluasi belajar diperoleh persentase ketuntasan belajar mencapai 62,50 % dengan nilai rata-rata siswa 64,41. Sedangkan pada siklus II dilakukan perbaikan pada kekurangan-kekurangan pada siklus I yaitu guru kurang jelas dalam melakukan apersepsi, guru belum tepat dalam memperkenalkan media, guru belum maksimal dalam menyampaikan materi pembelajaran dan mengelola kelas, maka pada siklus II diperoleh persentase ketuntasan belajar mencapai 83,33% dan nila rata-rata kelas mengalami peningkatan 16,63 poin sehingga nilai rata-rata kelas menjadi 81,04 , berarti semua indikator kinerja yang diharapkan dari penelitian ini telah tercapai.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pendidikan Matematika Realistik, Prestasi Belajar, Matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 08 Sep 2018 02:37
Last Modified: 08 Sep 2018 02:37
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7812

Actions (login required)

View Item View Item