PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SINEKTIK DENGAN PENUGASAN MEMBUAT PORTOFOLIO TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF, MINAT BELAJAR BIOLOGI DAN SIKAP ILMIAH SISWA KELAS X SMA NEGERI 4 PRAYA

FATMALIA, ENIDA (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SINEKTIK DENGAN PENUGASAN MEMBUAT PORTOFOLIO TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF, MINAT BELAJAR BIOLOGI DAN SIKAP ILMIAH SISWA KELAS X SMA NEGERI 4 PRAYA. S2 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
3 BAB I.pdf

Download (75kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran sinektik dengan penugasan membuat portofolio terhadap keterampilan berpikir kreatif, minat belajar biologi dan sikap ilmiah siswa. Tahap awal dari penelitian ini adalah melakukan pengembangan perangkat pembelajaran dan instrumen penelitian yang mengacu pada model ADDIE. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dan Lembar Kerja Siswa (LKS). Sedangkan instrumen penelitian yang dikembangkan adalah tes keterampilan berpikir kreatif, tes minat belajar biologi siswa dan angket sikap ilmiah siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 4 Praya, dengan populasi seluruh kelas X MIPA yang berjumlah 8 rombongan belajar dengan jumlah siswa 332 orang. Sampel dipilih dengan teknik Purpossive Sampling, sebanyak 4 rombongan belajar dengan jumlah siswa 161 orang. Desain penelitian eksperimen semu yang digunakan adalah Post-test Only Non Equivalent Control Group Design dan menggunakan prosedur implementasi penelitian faktorial 2 x 2. Data dianalisis menggunakan teknik statistik ANAVA dua jalur dengan bantuan program SPSS versi 16 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Model pembelajaran sinektik berpengaruh terhadap minat belajar biologi, tetapi tidak berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kreatif dan sikap ilmiah siswa, (2) Penugasan membuat portofolio berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kreatif dan sikap ilmiah siswa, tetapi tidak berpengaruh terhadap minat belajar biologi siswa, serta (3) Interaksi antara model pembelajaran sinektik dengan penugasan membuat portofolio tidak berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kreatif, minat belajar biologi dan sikap ilmiah siswa. Kata Kunci :

Item Type: Thesis (S2)
Keywords (Kata Kunci): Model Pembelajaran Sinektik, Penugasan Membuat Portofolio, Keterampilan Berpikir Kreatif, Minat Belajar Biologi, dan Sikap Ilmiah Siswa.
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Pascasarjana
Depositing User: M Jafar Jafar
Date Deposited: 08 Sep 2018 02:37
Last Modified: 08 Sep 2018 02:37
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7818

Actions (login required)

View Item View Item