PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK DAN KETERAMPILAN PROSES TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK.

Nurul Hilmi, Nurul Hilmi (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK DAN KETERAMPILAN PROSES TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK. S2 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
jurnal hasil belajar_fix.docx

Download (61kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Pengaruh model pembelajaran discovery dengan pendekatan saintifik (PDPS) terhadap hasil belajar fisika peserta didik; 2) Pengaruh keterampilan proses terhadap hasil belajar fisika peserta didik dan 3) Pengaruh interaksi model pembelajaran discovery dengan pendekatan saintifik dan keterampilan proses terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini adalah quasi eksperimen menggunakan desain pretest-posttes nonequivalent group desain dengan rancangan faktorial 2 x 2. Teknik analisis data menggunakan analisis varians dengan bantuan SPSS 21. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh 1) Model PDPS berpengaruh terhadap hasil belajar Fisika peserta didik dengan sig(0,000) < α(0,05), 2) Keterampilan proses berpengaruh terhadap hasil belajar fisika peserta didik dengan sig(0,001) < α(0,05) dan 3) Ada pengaruh interaksi model pembelajaran (PDPS-Ekspositori) dan keterampilan proses terhadap hasil belajar peserta didik dengan sig(0,000) < α(0,05).

Item Type: Thesis (S2)
Keywords (Kata Kunci): Model pembelajaran discovery dengan pendekatan saintifik, Keterampilan proses, Hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Pascasarjana
Depositing User: M Jafar Jafar
Date Deposited: 08 Sep 2018 02:36
Last Modified: 08 Sep 2018 02:36
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7822

Actions (login required)

View Item View Item