PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA DENGAN MENERAPKAN METODE EJA PADA SISWA KELAS I SDN 9 AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2011-2012

HAYATI, NURPELITA (2011) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA DENGAN MENERAPKAN METODE EJA PADA SISWA KELAS I SDN 9 AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2011-2012. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB I.docx
Restricted to Repository staff only

Download (29kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kemampuan membaca siswa kelas I SDN 9 Ampenan dalam proses belajar mengajar karena metode pembelajaran yang diterapkan kurang tepat dan tidak variatif, sehingga rumusan masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimanakah meningkatkan kemampuan membaca pada siswa kelas I SDN 9 Ampenan tahun 2011-2012 dengan penerapan metode eja. Dengan demikian tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca dengan menerapkan metode eja pada siswa kelas I SDN 9 Ampenan tahun pelajaran 2011-2012. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I SDN 9 Ampenan tahun 2011-2012 sebanyak 33 orang terdiri 18 orang siswa laki-laki dan 15 orang siswa perempuan. Prosedur penelitian ini ditempuh dalam 2 siklus. Langkah-langkah setiap pembelajaran terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi. Untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca dengan metode eja pada siswa kelas I SDN 9 Ampenan tahun pelajaran 2011-2012, peneliti menggunakan penilaian kualitatif berupa hasil observasi yang diperoleh peneliti selama penelitian berlangsung dan penilaian kuantitatif berupa hasil evaluasi membaca tiap siklus. Hasil observasi aktivitas siswa menunjukkan bahwa terjadi peningkatan dari 67,8% pada siklus I menjadi 91,4% pada siklus II dengan kategori sangat aktif. Hal tersebut sejalan dengan peningkatan hasil observasi aktivitas guru dari 69,2% pada siklus I menjadi 99% pada siklus II dengan kategori sangat baik. Hasil evaluasi kemampuan membaca siswa juga mengalami peningkatan tiap aspek yang dinilai dengan prosentase ketuntasan belajar klasikal mencapai 69,7% pada siklus I dengan nilai rata-rata 73 meningkat menjadi 87,9% pada siklus II dengan nilai rata-rata 88. Dari data tersebut dapat dilihat bahwa indikator (kinerja) keberhasilan dalam penelitian ini telah tercapai sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan metode eja dapat meningkatkan kemampuan membaca pada siswa kelas I SDN 9 Ampenan tahun pelajaran 2011-2012.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): kemampuan membaca, metode eja
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 08 Sep 2018 02:36
Last Modified: 08 Sep 2018 02:36
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7826

Actions (login required)

View Item View Item