STUDI KOMPARASI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DENGAN METODE PRAKTIKUM, PENUGASAN INTERNET DAN PENYELIDIKAN BEBAS SEDERHANA PADA MATERI KOLOID

SARTIKA APRIANI, SARTIKA APRIANI (2016) STUDI KOMPARASI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DENGAN METODE PRAKTIKUM, PENUGASAN INTERNET DAN PENYELIDIKAN BEBAS SEDERHANA PADA MATERI KOLOID. S2 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
16 BAB 4.docx

Download (92kB)

Abstract

StudiKomparasiKemampuanBerpikirKritisSiswaMenggunakan Model PembelajaranBerbasisProyekDenganMetodePraktikum, Penugasan Internet Dan PenyelidikanBebasSederhanaPadaMateriKoloid.Tesis, Program Studi Magister Pendidikan IPA, Program PascasarjanaUniversitasMataram di bawahbimbingan Dr. YayukAndayani, M.SisebagaiPembimbing I danDra.ErinRyantinGunawan, M.Si.,Ph.DsebagaiPembimbing II Penelitianinibertujuan (1) untukmengetahuiperbedaankemampuanberpikirkritispesertadidikmenggunakan model pembelajaranberbasisproyekdenganmetodepraktikum (PjBL-P), metodepenugasan internet (PjBL-I) danmetodepenyelidikanbebassederhana (PjBL-PBS) dan(2) untukmengetahuimetode yang paling efektifdalammeningkatkankemampuanberpikirkritispesertadidik.Penelitianinimerupakanpenelitian Quasi Eksperimendenganrancanganpretest- posttes Control Group Design.Variabelbebasdalampenelitianiniadalah model pembelajaranberbasisproyekdenganmetodepraktikum, metodepenugasan internet danmetodepenyelidikanbebassederhanadanvariabelterikatdalampenelitianiniadalahkemampuanberpikirkritissiswa yang diukurdarihasilbelajarkognitifsiswa.Penelitianinidilakukan di SMAN 5 Mataramdenganpopulasisebanyak 154 pesertadidik, sampelpenelitiansebanyak 90 pesertadidik yang terbagidalam 3 kelasperlakuanyaitukelas XI MIPA 1, kelas XI MIPA 3 dankelas XI MIPA 5. Berdasarkanhasilpretesdiperolehnilai rata-rata masing-masingkelasperlakuanyaitu8,14; 12,80 dan 7,93 sedangkannilai rata-rata postesmasing-masingkelasperlakuanyaitu 66,51; 62,82 dan 59,62. Data tentangkemampuanberpikirkritisdikumpulkandarihasilpretesdanpostes, selanjutnyadianalisismenggunakanuji F padatarafsignifikan 0,05. Hasiluji F diperolehFhitung (2,869) ≤Ftabel (3,948) sehingga model pembelajaranberbasisproyekdenganketigametodetersebuttidakberbedasecarasignifikan.KesimpulanpenelitianinibahwakemampuanberpikirkritispesertadidikpadaperlakuanPjBL-Praktikum, PjBL-Penugasan Internet danPjBL-PenyelidikanBebasSederhanatidakberbeda. Kata kunci :

Item Type: Thesis (S2)
Keywords (Kata Kunci): KemampuanBerpikirKritis,PjBL-Praktikum, PjBL-Internet, PjBL-PenyelidikanBebasSederhana.
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Pascasarjana
Depositing User: M Jafar Jafar
Date Deposited: 08 Sep 2018 02:35
Last Modified: 08 Sep 2018 02:35
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7831

Actions (login required)

View Item View Item