PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA POKOK BAHASAN WUJUD BENDA DAN PERUBAHANNYA PADA SISWA KELAS II SEMESTER 1I SDN 22 AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2010/ 2011

RUDIATI, AMILIA ENI (2012) PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA POKOK BAHASAN WUJUD BENDA DAN PERUBAHANNYA PADA SISWA KELAS II SEMESTER 1I SDN 22 AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2010/ 2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI BAB 1 - 5.docx
Restricted to Repository staff only

Download (465kB)

Abstract

Prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas II di SDN 22 Ampenan tergolong masih rendah, dengan rata – rata nilai 60,3. Hal tersebut diantaranya disebabkan oleh pembelajaran yang hanya disampaikan melalui ceramah dan jarang menggunakan media pembelajaran. Akibatnya siswa tidak dapat melihat secara langsung, berbuat dan memperoleh pengalaman yang lebih mendalam dari pembelajaran. Hal ini menyebabkan rendahnya prestasi belajar siswa khususnya pada pokok bahasan wujud benda dan perubahannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang penerapan metode demonstrasi terhadap peningkatan prestasi belajar IPA. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri atas 4 tahap kegiatan yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas II yang berjumlah 29 orang. Data aktivitas guru dan siswa diperoleh melalui lembar observasi. Prestasi belajar siswa dikatakan meningkat apabila 85% siswa secara klasikal dan memperoleh skor minimal 60 (KKM 60). Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I diperoleh nilai rata – rata 66,5 dengan ketuntasan belajar 75,86% dari 29 siswa. Hasil penelitian ini belum sesuai dengan persentase ketuntasan belajar yang ingin dicapai, oleh karena itu harus ditingkatkan lagi. Pada siklus II mengalami peningkatan dengan diperolehnya nilai rata – rata 77,9 dengan ketuntasan belajar 89,65% dari 29 siswa. Dengan memperhatikan hasil yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas II semester II SDN 22 Ampenan tahun pelajaran 2010/2011.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Metode demonstrasi ; Prestasi belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 08 Sep 2018 02:35
Last Modified: 08 Sep 2018 02:35
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7833

Actions (login required)

View Item View Item