PENERAPAN METODE INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI CAHAYA DAN SIFAT-SIFATNYA PADA SISWA KELAS V SDN 2 LABUAPI TAHUN PELAJARAN 2011/2012

MURSAHID, MURSAHID (2012) PENERAPAN METODE INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI CAHAYA DAN SIFAT-SIFATNYA PADA SISWA KELAS V SDN 2 LABUAPI TAHUN PELAJARAN 2011/2012. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
isi skripsi CD.docx
Restricted to Repository staff only

Download (107kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA pada siswa kelas V SDN 2 Labuapi. Hal ini disebabkan metode yang digunakan oleh guru adalah metode konvensional sehingga kurang melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu diperlukan metode alternatif untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa yaitu dengan penerapan metode inkuiri. Metode inkuiri merupakan metode yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk mencoba, melakukan dan menemukan sendiri apa yang dipelajari dan bukan guru yang memberikan informasi secara langsung. Dengan demikian proses pembelajaran menjadi bermakna bagi siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA materi cahaya dan sifat-sifatnya pada siswa kelas V SDN 2 Labuapi Tahun Pelajaran 2011/2012. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak dua siklus dengan empat kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan evaluasi, dan tahap refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 2 Labuapi yang berjumlah 37 orang siswa yang terdiri dari 14 orang siswa laki-laki dan 23 orang siswa perempuan. Data hasil belajar siswa dikumpulkan melalui tes sedangkan data aktivitas guru dan siswa dikumpulkan melalui lembar observasi dan dianalisis dengan metode kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I nilai rata-rata yang diperoleh siswa 68,65 dengan persentase ketuntasan belajar klasikal 67,56 % dan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 25 orang. Pada siklus II nilai rata-rata yang diperoleh siswa 75,95 dengan persentase ketuntasan belajar klasikal 86,48 % dan siswa yang tuntas 32 orang. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi cahaya dan sifat-sifatnya pada siswa kelas V SDN 2 Labuapi Tahun Pelajaran 2011/2012.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Metode Inkuiri, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 08 Sep 2018 02:35
Last Modified: 08 Sep 2018 02:35
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7835

Actions (login required)

View Item View Item