PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TYPE JIGSAW MENGGUNAKAN MEDIA MENCARI HARTA KARUN PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI POKOK OPERASI HITUNG BILANGAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS 2 SEMESTER 1 SDN 31 CAKRANEGARA TAHUN PEMBELAJARAN 2011/2012

FIRDAUS, ANDI (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TYPE JIGSAW MENGGUNAKAN MEDIA MENCARI HARTA KARUN PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI POKOK OPERASI HITUNG BILANGAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS 2 SEMESTER 1 SDN 31 CAKRANEGARA TAHUN PEMBELAJARAN 2011/2012. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI ACC.doc
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Keberhasilan suatu proses belajar mengajar dapat diketahui dari tingkatan penguasaan siswa terhadap materi yang diajarkan. Apabila sebagian besar dari siswa telah menguasai materi maka dapat diketahui bahwa proses belajar mengajar telah berhasil. Berkaitan dengan tujuan dari proses belajar mengajar itu sendiri, peneliti melihat kenyataan, banyak siswa sekolah dasar yang mengalami kesulitan dalam pembelajaran matematika, khususnya pada pokok bahasan pengerjaan operasi hitung bilangan di kelas II karena kurangnya guru SD yang mengajar dengan menggunakan media pengajaran dan pemilihan model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa. Untuk mengatasi masalah tersebut maka penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan menerapkan model Pembelajaran Cooperative Type Jigsaw pada pembelajaran matematika untuk meningkatkan Aktivitas dan prestasi belajar siswa materi operasi hitung bilangan melalui media Mencari Harta Karun Di Kelas II Semester 1 SDN 31 Cakranegara”.Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus. Siklus I dilaksanakan dua pertemuan dan Siklus II dua pertemuan. Setiap siklus terdapat lima tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, evaluasi, dan refleksi tindakan. Disimpulkan bahwa aktivitas dan minat belajar siswa semakin meningkat. Hal ini terlihat pada saat pelaksanaan siklus I dan II, hasil pengamatan menunjukkan aktivitas siswa meningkat, dari 16, 35 pada kategori cukup aktif menjadi 22,68 pada kategori sangat aktif. Prestasi siswa yang diperoleh juga meningkat, dari rata-rata 70,38 dengan ketuntasan klasikal 75 % pada siklus 1 menjadi 81,07 dengan ketuntasan klasikal 86 % pada siklus II. Hal ini menunjukkan bahwa penelitian tindakan kelas yang dilakukan oleh peneliti telah berhasil, dan tidak perlu tindakan siklus III.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Cooperative Type Jigsaw, Aktivitas, Prestasi Belajar, Operasi Hitung Bilangan, Media Mencari Harta Karun
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 08 Sep 2018 02:35
Last Modified: 08 Sep 2018 02:35
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7837

Actions (login required)

View Item View Item