Hasanah. P, Puput Uswatun (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MENGARANG BERANTING (COMPOSING TO HAVE STICK) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN SISWA KELAS IV SDN 20 MATARAM TAHUN AJARAN 2011/2012. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
BAB I-III.docx Restricted to Repository staff only Download (84kB) |
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran mengarang beranting (composing to have stick) untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan siswa kelas IV SDN 20 Mataram. Berdasarkan masalah tersebut, tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan penerapan model pembelajaran mengarang beranting (composing to have stick) untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan siswa kelas IV SDN 20 Mataram. Sementara itu, tujuan pemberian tindakan melalui penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan mengarang siswa kelas IV SDN 20 Mataram. Penelitian ini terdiri atas dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Masing-masing siklus terdiri atas perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode tes, observasi dan dokumentasi. Sementara itu, metode yang digunakan untuk menganalisis data yaitu dengan menghitung ketuntasan belajar siswa secara klasikal. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan ketuntasan belajar proses dan hasil. Pada ketuntasan proses, yaitu dari 70% aktivitas siswa pada siklus I menjadi 100% pada siklus II. Sedangkan ketuntasan hasil belajar yaitu dari 72.97% (27 orang siswa) pada siklus I menjadi 97.30% (36 orang siswa) pada siklus II.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Mengarang beranting (Compossing to have stick), menulis karangan |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Rini Trisnawati |
Date Deposited: | 08 Sep 2018 02:35 |
Last Modified: | 08 Sep 2018 02:35 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7840 |
Actions (login required)
View Item |