PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK (TONGKAT BERBICARA) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS VI DI SDN 1 REMBITAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013

J U N A I D I, J U N A I D I (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK (TONGKAT BERBICARA) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS VI DI SDN 1 REMBITAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB I.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)

Abstract

Salah satu masalah yang dihadapi guru SDN 1 Rembitan dalam proses belajar mengajar adalah metode pembelajaran yang digunakan oleh guru tidak bervariasi sehingga gairah belajar peserta didik tidak hidup, motivasi peserta didik dalam pembelajaran sangat kurang. Untuk memecahkan masalah tersebut peneliti mencoba menerapkan pendekatan pembelajaran cooperative learning teknik talking stick. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran talking stick untuk meningkatkan kemampuan dan pemahaman belajar bahasa Indonesia siswa kelas VI SDN 1 Rembitan tahun pelajaran 2012/2013. Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN 1 Rembitan. Instrumen penelitian terdiri dari RPP, skenario pembelajaran, tes hasil belajar dan lembar observasi kegiatan guru dan siswa. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif untuk hasil belajar siswa dan data kualitatif untuk lembar observasi kegiatan guru dan siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil Penelitian didapatkan rata-rata nilai pada siklus I sebesar 69 dan meningkat menjadi 72 pada siklus II dengan ketuntasan belajar pada siklus I mencapai 75% dan meningkat pada siklus II menjadi 91%. Hasil penelitian dapat disimpulkan penerapan pendekatan Cooperative Learning teknik talking stick dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas VI SDN 1 Rembitan Tahun Pelajaran 2012/2013.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): embelajaran cooperative learning teknik talking stick, membaca pemahaman.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 08 Sep 2018 02:35
Last Modified: 08 Sep 2018 02:35
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7842

Actions (login required)

View Item View Item