PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN INTERAKTIF MODEL INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR FISIKA DITINJAU DARI PENGETAHUAN AWAL PESERTA DIDIK

HANDRIANTO, HANDRIANTO (2016) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN INTERAKTIF MODEL INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR FISIKA DITINJAU DARI PENGETAHUAN AWAL PESERTA DIDIK. S2 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
(3) BAB II TESIS Final.pdf

Download (424kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media Video Pembelajaran Interaktif Model Inkuiri Terbimbing (VidPIMIT) materi fluida statis. Penelitian ini menggunakan pendekatan (R & D) menurut Borg & Gall, yang meliputi tahap pendahuluan, pengembangan, dan pengujian. Tahap uji coba dilakukan dengan uji coba terbatas dan uji coba skala luas. Uji coba terbatas diikuti oleh 1 kelompok (38 peserta didik) kelas XI-IPA 2 SMA Negeri 2 Aikmel Kabupaten Lombok Timur, sedangkan uji coba skala luas dilakukan di kelas X pada SMA Negeri 2 Aikmel Kabupaten Lombok Timur. Hasil dari kuisioner pengembangan media VidPIMIT oleh lima orang guru fisika sangat setuju untuk dikembangkan. Tahap pengujian media VidPIMIT adalah tahap untuk mengetahui pengaruh VidPIMIT terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar fisika ditinjau dari pengetahuan awal peserta didik. Tahap pengujian melibatkan 39 peserta didik yang belajar menggunakan VidPIMIT sebagai kelas eksperimen dan 37 peserta didik yang belajar Tanpa VidPIMIT sebagai kelas kontrol. MANCOVA digunakan untuk menguji pengaruh dan interaksi penggunaan media VidPIMIT dan pengetahuan awal peserta didik terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar fisika, sedangkan Mann-Whitney U digunakan untuk menguji taraf signifikan media dan pengetahuan awal peserta didik terhadap indikator kemampuan berpikir kritis. Analisis dilakukan dengan SPSS Versi 17 for Windows. Berdasarkan hasil analisis diperoleh kesimpulan: 1) Tidak ada pengaruh penggunaan media terhadap kemampuan berpikir kritis. 2) Ada pengaruah penggunaan media terhadap hasil belajar fisika. 3) Tidak ada pengaruh interaksi antara penggunaan media dengan pengetahuan awal terhadap kemampuan berpikir kritis. 4) Ada pengaruh pengetahuan awal terhadap kemampuan berpikir kritis. 5) Ada pengaruh pengetahuan awal terhadap hasil belajar fisika. 6) Tidak ada pengaruh interaksi antara penggunaan media dengan pengetahuan awal terhadap hasil belajar fisika. Kata Kunci :

Item Type: Thesis (S2)
Keywords (Kata Kunci): media, pengetahuan awal, kemampuan berpikir kritis, hasil belajar fisika.
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Pascasarjana
Depositing User: M Jafar Jafar
Date Deposited: 08 Sep 2018 02:35
Last Modified: 08 Sep 2018 02:35
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7843

Actions (login required)

View Item View Item