KUSDIANSARI, MAHERNI (2018) STUDI PERBANDINGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPN 4 MATARAM TAHUN AJARAN 2017/2018 PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR. S1 thesis, Universitas Mataram.
|
Text
ARTIKEL SKRIPSI.pdf Download (785kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII SMPN 4 Mataran tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini, menggunakan “pre-test-post-tes control group design”. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 4 Mataram yang berjumlah 9 kelas, sedangkan sampel dari penelitian ini siswa kelas VIII.6 sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas VIII.7 sebagai kelas eksperimen 2. Pengumpulan data kemampuan pemecahan masalah matematika berbentuk tes uraian. Hipotesis penelitian diuji dengan uji-t polled varians dengan taraf signifikan 5%. Hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh , maka ditolak yang berarti dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe GI. Kata Kunci:
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, group investigation (GI), pemecahan masalah matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | M Jafar Jafar |
Date Deposited: | 08 Sep 2018 02:33 |
Last Modified: | 08 Sep 2018 02:33 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7866 |
Actions (login required)
View Item |