ANALISIS USAHA DAN PEMASARAN PRODUK OLAHAN BERBASIS JAGUNG KETAN DI KECAMATAN TALIWANG

Lestari, Vera Ariska (2018) ANALISIS USAHA DAN PEMASARAN PRODUK OLAHAN BERBASIS JAGUNG KETAN DI KECAMATAN TALIWANG. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL VERA.pdf

Download (392kB) | Preview

Abstract

Tujuan dilakukan penelitian ini adalah: (1) untuk menganalisis keuntungan usaha pengolahan berbasis jagung ketan, (2) untuk menganalisis saluran pemasaran produk olahan berbasis jagung ketan, (3) untuk mengidentifikasi kendala-kendala yang dihadapi dalam menjalankan usahanya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Penelitian dilakukan di Kecamatan Taliwang yang ditetapkan sebagai salah satu lokasi penelitian secara Purposive Sampling. Unit analisis dalam penelitian ini adalah usaha dan pemasaran produk olahan berbasis jagung ketan di Kecamatan Taliwang. Penentuan responden secara sensus yaitu unit usaha atau subjek tersedia bagi peneliti saat pengumpulan data dilakukan, yang jumlahnya ditentukan secara sensus sebanyak 9 unit usaha produk olahan berbasis jagung dan diambil semua untuk dijadikan sebagai responden penelitian di Kecamatan Taliwang yaitu: 1 orang untuk pengusaha jagung marning (jagung semarang) dan 8 orang untuk pengusaha jagung sangrai (baso siong). Jenis data yang digunakan, yaitu data kuantitatif dan kualitatif. Sumber data yang digunakan, yaitu data primer dan data sekunder. Analisis data yang digunakan analisis biaya, analisis keuntungan, analisis pemasaran dan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa: (1) Keuntungan produk olahan berbasis jagung ketan yaitu jagung marning sebesar Rp. 210.595/proses; Rp. 3.369.514/bulan dan keuntungan untuk jagung sangrai sebesar Rp. 104.842/proses; Rp. 1.616.179/bulan. (2) Saluran pemasaran yang digunakan oleh produk jagung marning yaitu saluran pemasaran langsung, dimana saluran pemasaran langsung ini merupakan saluran pemasaran yang tidak melalui jasa atau perantara pihak lain dan untuk produk jagung sangrai menggunakan saluran pemasaran tidak langsung yang merupakan saluran pemasaran yang tidak langsung menjual produk kepada konsumen akhir tetapi melalui perantara (pengecer). (3) Faktor penghambat yang dihadapi dalam usaha produk olahan berbasis jagung ketan di Kecamatan Taliwang yaitu kurangnya stok jagung, kualitas bahan baku rendah, pengemasan tertunda, tidak ada stok jagung, penjemuran, dan pembayaran tertunda. Kata Kunci:

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Produk Olahan, Keuntungan, Pemasaran, Jagung Marning, Jagung Sangrai
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: M Jafar Jafar
Date Deposited: 08 Sep 2018 02:33
Last Modified: 08 Sep 2018 02:33
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7869

Actions (login required)

View Item View Item