MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA MENGGUNAKAN METODE INSIDE OUTSIDE CIRCLE PADA SISWA KELAS V SDN 2 KALIJAGA SELATAN TAHUN 2012/2013

DANI, HARIS SATRIAWAN (2013) MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA MENGGUNAKAN METODE INSIDE OUTSIDE CIRCLE PADA SISWA KELAS V SDN 2 KALIJAGA SELATAN TAHUN 2012/2013. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
REVISI SKRIPSI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (108kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi awal terhadap pelaksanaan pembelajaran pada siswa kelas V di SDN 2 Kalijaga Selatan, bahwa pada proses pembelajaran guru dominan menjelaskan materi kemudian di ikuti dengan pemberian latihan-latihan soal sebagai pemantapan materi yang di terima sehingga siswa tidak termotivasi dalam belajar. Akibatnya, aktivitas siswa masih dikategorikan kurang aktif dan hasil belajar siswa masih rata-rata di bawah KKM (kriteria ketuntasan minimal) 65. Berdasarkan masalah tersebut rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana metode inside outside circle dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN 2 Kalijaga Selatan dalam pembelajaran IPA tahun 2012/2013. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan menerapkan metode inside outside circle dengan subyek penelitian adalah semua siswa kelas V di SDN 2 Kalijaga Selatan yang berjumlah 24 orang yang terdiri dari 13 laki-laki dan 11 perempuan. Penelitian tindakan kelas ini (PTK) terdiri dari 2 (dua) siklus dengan alur penyusunan yakni perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Instrumen yang digunakan adalah lembar evaluasi (soal-soal) dan lembar observasi aktivitas siswa. Hasil penelitian disimpulkan bahwa pada siklus I, rata-rata skor aktivitas belajar siswa 12,0 dengan kategori aktif. Pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 18,0 dengan kategori sangat aktif. Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus I dan II mengalami peningkatan prosentase ketuntasan belajar klasikal yakni 61,08% menjadi 83,33%. Peningkatan prosentase ketuntasan dibarengi dengan peningkatan nilai rata-rata kelas masing-masing sebesar 65,00 pada siklus I dan 71,67 pada siklus II, hai ini menunjukan telah tercapai prosentase ketuntasan belajar klasikal yang ditetapkan yaitu 75%. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahawa aktivitas dan hasil pembelajaran IPA dengan menerapkan metode inside outside circle pada siswa kelas V SDN 2 Kalijaga Selatan tahun ajaran 2012/2013 meningkat.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Metode Inside Outside Circle
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 08 Sep 2018 02:32
Last Modified: 08 Sep 2018 02:32
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7884

Actions (login required)

View Item View Item