MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENULIS CERITA REKAAN PADA SISWA KELAS IV SDN EMBUNG RUNGKAS MELALUI PENGGUNAAN MEDIA PICTURE AND PICTURE TAHUN PELAJARAN 2012-2013

Tabiin, Lalu Moh. (2013) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENULIS CERITA REKAAN PADA SISWA KELAS IV SDN EMBUNG RUNGKAS MELALUI PENGGUNAAN MEDIA PICTURE AND PICTURE TAHUN PELAJARAN 2012-2013. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi L.M. Tabiin.docx
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)

Abstract

Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dalam penelitian tindakan ini, terkait Penerapan pembelajaran Menulis cerita rekaan dengan menggunakan media Picture and picture pada siswa kelas IV SDN Embung Rungkas Tahun Pelajaran 2012/2013, dapat ditarik kesimpulan, antara lain sebagai berikut: 1. Penggunaan media Picture and picture terbukti dapat meningkatkan hasil belajar menulis cerita rekaan siswa kelas IV SDN Embung Rungkas Tahun Pelajaran 2012/2013. Ini terlihat dari jumlah siswa yang berhasil mencapai kriteria ketuntasan belajar minimal yang dipersyaratkan mengalami peningkatan secara signifikan pada siklus II. Jumlah siswa yang berhasil mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) pada siklus pertama sebanyak 14 orang dengan persentasi 70% kemudian meningkat menjadi 19 orang dengan persrentasi sebesar 95% pada siklus II. Dari siklus I sampai siklus II terjadi peningkatan jumlah siswa yang mencapai KKM sebanyak 5 dan peningkatan persentasi sebesar 25%, dari pencapaian siswa ini sudah melebihi standar KKM yang ditetapkan yakni sebesar 75%. 2. Sedangkan jumlah nilai rata-rata pada siklus I adalah 64 dan mengalami peningkatan pada siklus II yakni 79 dari nilai ini sudah melebihi nilai rata-rata KKM yang telah ditentukan yakni sebsesar 65.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Penerapan pembelajaran Menulis cerita rekaan dengan menggunakan media Picture
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 08 Sep 2018 02:32
Last Modified: 08 Sep 2018 02:32
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7887

Actions (login required)

View Item View Item