MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE LINGKARAN DALAM LINGKARAN LUAR (INSIDE – OUTSIDE CIRCLE ) PADA SISWA KELAS IV SDN 1 PERINA KECAMATAN JONGGAT TAHUN PELAJARAN 2013/ 2014

ANHAR, RIZKA (2013) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE LINGKARAN DALAM LINGKARAN LUAR (INSIDE – OUTSIDE CIRCLE ) PADA SISWA KELAS IV SDN 1 PERINA KECAMATAN JONGGAT TAHUN PELAJARAN 2013/ 2014. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB I - III.doc
Restricted to Repository staff only

Download (224kB)

Abstract

Masalah penelitiaan ini adalah Rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SND 1 Perina Kecamatan Jonggat. Penelitiaan ini bertujuaan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 1 Perina pada mata pelajaran IPA dengan penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Lingkaran Dalam – Lingkaran Luar (Inside – Outside Circle). Jenis penelitiaan yang digunakan adalah Penelitiaan Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu tahap perencanan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan evaluasi dan tahap refleksi. Cara pengumpulan data untuk hasil belajar siswa dikumpulkan melalui tes tertulis yang diberikan pada setiap akhir siklus, sedangkan untuk aktivitas guru dan siswa diambil melalui lembar observasi. Berdasasarkan hasil penelitiaan diperoleh data peningkatan kualitas proses pelaksanaan pembelajaran yakni untuk aktivitas mengajar guru siklus I memperoleh skor 13 dengan criteria cukup baik dan pada siklus II aktivitas mengajar guru meningkat dengan perolehan skor 20 kriteria sangat aktif. Demikiaan juga untuk aktivitas belajar siswa pada siklus I memperoleh skor 46 dengan kriteria cukup aktif dan pada siklus dua meningkat dengan memperoleh skor 62 kriteria aktif. Untuk prestasi belajar siswa diperoleh nilai rata-rata pada siklus I sebesar 67,29 dengan persentase ketuntasan klasikal 70,58% dan meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 81,11 dengan persentase ketuntasan klasikal 88,88%, Kesimpulan dari penelitiaan ini adalah penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Lingkaran Dalam – Lingkaran Luar (Inside – Outside Circle) dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 1 Perina Kecamatan Jonggat tahun ajaran 2013/2014.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Lingkaran Dalam – Lingkaran Luar (Inside – Outside Circle) dan hasil belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 08 Sep 2018 02:32
Last Modified: 08 Sep 2018 02:32
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7888

Actions (login required)

View Item View Item