MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN 47 AMPENAN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TAHUN PELAJARAN 2012-2013

ROSMALENA, NINING (2013) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN 47 AMPENAN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TAHUN PELAJARAN 2012-2013. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.doc
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Dari 27 orang siswa, hanya 12 orang siswa (41%) yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditentukan. Hal ini disebabkan oleh rendahnya daya dukung lingkungan luar sekolah, kurang kreatifitasnya guru menggunakan model pembelajaran, dan siswa tidak terlibat aktif dalam proses belajar mengajar. Rumusan masalah penelitian ini adalah ”Bagaimanakah penerapan model pembelajaran make a match dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SDN 47 Ampenan Tahun Pelajaran 2012-2013”. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN 47 Ampenan melalui penerapan model pembelajaran make a match Tahun Pelajaran 2012-2013. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklusnya berlangsung dalam dua kali pertemuan. Data hasil belajar siswa diperoleh melalui tes evaluasi yang diberikan pada akhir setiap siklus, sedangkan data aktivitas guru dan siswa diperoleh melalui lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas siswa pada siklus I dan II dari skor 58 dengan kriteria aktif pada siklus I, menjadi 62 dengan kategori sangat aktif pada siklus II. Aktivitas guru menunjukkan peningkatan dari 57 dengan kriteria baik pada siklus I menjadi 61 dengan kategori sangat baik pada siklus II. Sementara itu, hasil evaluasi belajar siswa pada siklus I diperoleh persentase ketuntasan klasikal sebesar 70% dan meningkat sebesar 15% pada siklus II menjadi 85% dengan nilai rata-rata pada siklus I yaitu, 65,32 meningkat sebesar 2,45 pada siklus II menjadi 67,77. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran make a match dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN 47 Ampenan tahun pelajaran 2012/2013.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model Pembelajaran Make A Match dan Hasil Belajar IPS
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 08 Sep 2018 02:32
Last Modified: 08 Sep 2018 02:32
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7893

Actions (login required)

View Item View Item